Angin Semilir di Losari Coffee Plantation

club house yang dibangun tahun 1828

WAKTU seakan berhenti di Losari Coffee Plantation, bekas perkebunan kopi seluas lebih dari 22 hektare di Desa Losari, Magelang, Jawa Tengah, yang diubah menjadi resort dan spa di akhir tahun 2003. Berkendaraan dari Semarang melewati Ambarawa menuju arah Magelang, di suatu tempat, mobil berbelok ke kiri. Memasuki pedesaan yang rimbun pepohonan, tiba-tiba kita seperti merasa berada di tempat lain yang sunyi. Sungguh berbeda dengan suasana sebelumnya, jalan raya yang hampir setiap saat ramai kendaraan besar dan kecil.

Setelah melewati tembok putih sepanjang jalan, tibalah di gerbang Losari Coffee Plantation yang terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Sementara angin pegunungan berhembus semilir menyejukkan hati, pemandangan alam dengan latar belakang Gunung Merapi dan kehijauan tumbuhan seakan memberi salam “selamat datang”.

FOTO-FOTO: ISTIMEWA-the plantation bar yang dulunya gudang kopi

Bangunan-bangunan kuno yang ada telah direnovasi dan ditata menjadi demikian nyamannya sebagai tempat penginapan wisatawan. Maka, apa lagi yang harus dikatakan? Bukankah lebih baik berdiam diri, menikmati pemandangan, sambil menyeruput secangkir teh atau kopi hangat dan penganan kecil yang tersedia di situ.

Ketika pertama kali masuk ke tempat yang lebih dari sekadar penginapan untuk wisatawan – karena mungkin lebih cocok disebut tempat berhening, mengembalikan kebugaran tubuh setelah lelah didera kesibukan kerja sepanjang tahun – maka tamu akan masuk ke sebuah bangunan yang menjadi lobi dan reception desk. Bangunan yang mirip stasiun kereta api (KA) kecil itu ternyata memang tadinya bangunan Stasiun KA Mayong dari tahun 1878 yang telah direnovasi kembali.

Tamu kemudian akan dibawa berkeliling ke Club House, sebuah bangunan kuno yang juga telah direnovasi. Kabarnya, bangunan itu didirikan tahun 1828 oleh seorang arsitek Belanda, Van der Swan. Beranda yang lebar dengan furnitur khas tempo dulu membuat tamu serasa berada di masa lampau. Di dalam juga terdapat perpustakaan kecil, yang bisa dimanfaatkan tamu untuk mengisi waktu dengan bersantai sambil membaca. Apalagi selain meja dan kursi, di situ juga terdapat semacam bale-bale, yang bisa digunakan tamu untuk membaca sambil tiduran.

Di dekat Club House itu, terdapat The Plantation Bar. Bangunan ini tadinya sebuah gudang penyimpanan kopi sehabis dipanen. Kini, selain sebagai bar, di tempat itu tersedia meja biliar. Tamu yang menginap di situ bisa memanfaatkan untuk bermain biliar bersama teman-temannya.

bekas stasiun ka mayong dari tahun1878 yang kini menjadi tempat penerima tamu

Ada lagi bangunan berbentuk joglo yang terletak agak di tengah Losari Coffee Plantation. Bangunan yang dinamakan Java Red itu adalah sebuah restoran yang menyajikan masakan Mediterania dan masakan-masakan tradisional terbaik dari Indonesia. Bagi yang ingin menikmati makanan segar yang disiapkan dengan bumbu-bumbu yang diperoleh dari kebun di Losari Coffee Plantation, dapat mencobanya di Java Green yang terletak tepi kolam renang.

Lalu, di mana tamu menginap? Tersedia tak kurang dari 26 vila/bungalow yang didesain khusus dengan arsitektur dan desain interior khas Jawa. Di dalamnya terdapat tempat tidur dan furnitur lainnya yang merupakan gabungan dari barang-barang antik dan barang seni kontemporer. Setiap vila mempunyai balkon dan halaman tersendiri, kamar mandi yang didesain unik, serta pemandangan indah ke perkebunan dan wilayah sekitarnya.

Kolam renang yang terdapat di situ juga unik. Berbentuk segi delapan, airnya dialirkan dari sungai bawah tanah. Tak kalah menariknya adalah The Hamam, sebuah spa dan pemandian uap panas gaya Turki. Pemandian yang terpisah antara pria dan wanita itu juga menyediakan tempat untuk relaksasi. Pijat tradisional khas Jawa dengan berbagai rempah sebagai pemulas kulit dengan resep yang diyakini telah berusia ribuan tahun, juga disediakan di situ. Bagi tamu, ditawarkan pula latihan kebugaran dan yoga lewat pendekatan holistik.

Tentu saja, tamu bukan hanya bisa menginap, bersantai, dan menikmati berbagai program kebugaran yang ada. Losari Coffee Plantation juga menyediakan paket wisata ke berbagai objek wisata di dekat tempat itu. Misalnya, berkeliling dengan kereta api kuno yang menggunakan bahan bakar batubara. Lokomotif yang diberi nama Queen of the Mountain buatan 1902 itu, akan membawa tamu melihat pemandangan indah sepanjang perjalanan. Jangan takut, selama perjalanan akan dihidangkan pula makanan dan minuman ringan. Perjalanan dimulai dari Stasiun KA Bendono menuju Museum KA Ambarawa. Di museum itu, terdapat beragam lokomotif dan gerbang KA kuno yang masih terawat dengan baik. Di sini, tamu juga dapat mencicipi kue serabi yang disebut sebagai “serabi terbaik” di Jawa Tengah.

ruang tidur di salah satu villa

Paket wisata lainnya adalah berkunjung ke Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia. Dua candi Buddha lainnya yang satu garis lurus dengan Borobudur, yaitu Candi Mendut dan Pawon, juga akan dikunjungi. Sebagai penutup, wisatawan diajak berkunjung ke desa pembuat kerajinan tangan. Cara lain menikmati Candi Borobudur adalah saat matahari terbit ataupun ketika terbenam. Wisatawan juga dapat mencoba naik gajah keliling kompleks Candi Borobudur selama dua jam penuh.

Masih soal candi, paket wisata berikutnya adalah mengunjungi kompleks Candi Gedong Songo di kawasan wisata Bandungan, Ambarawa. Ada juga kunjungan wisata ke kompleks percandian Dieng Plateau, yang kabarnya dibangun sekitar abad ke-9 Masehi. Tentu saja tak boleh dilupakan mengunjungi Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Pulau Jawa.

Bagi mereka yang menyenangi petualangan di alam terbuka, disediakan paket wisata berupa hiking ke Air Terjun Sekar Langit. Beragam flora dan fauna khas Jawa Tengah dapat dijumpai di sini, bahkan wisatawan dapat pula mencoba berenang di sungai yang ada selama hiking berlangsung.

Tak kalah menarik, wisatawan yang menginap akan diperkenalkan cara pembuatan jamu dan sekaligus menikmati kesegaran segelas jamu di pagi hari. Di samping itu, ada tawaran untuk melihat perkebunan kopi yang masih tersisa di tempat itu. Benar-benar mengesankan.

PEMBARUAN/BERTHOLD SINAULAN