Belajar Sehat dari Trawas

Desa TrawasTrawas itu sebuah dusun kecil di lembah beruntai pegunungan. Persisnya di Mojokerto, Selatan Surabaya, di dusun Slepi, desa Ketapanrame. Sebuah desa sunyi di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Ada apa di sana? Begitu istimewakah sehingga orang tertarik belajar sehat di Trawas?

Bertetangga dengan Tretes, sentra wisata lawas yang ingar-bingar, Trawas sepi sendiri. Vila-vila kehilangan penghuni tumbuh bertebaran di sekujur dusun.

Di tengahnya tampak bangunan besar mirip hotel. Di bibir jalan memasuki bangunan dua lantai terpampang tulisan Newstart. Ini bukan merek biskuit atau rokok, melainkan program hidup sehat impor dari Amerika.

Itu menurut penuturan Angely, istri pria Manado, Torry. Angely lulusan Kanada, bidang keahliannya tak ada sangkut pautnya dengan kesehatan, putri bungsu mendiang seorang pengusaha Surabaya. Pak Ali, begitu masyarakat sekitar dusun mengenal sang ayah yang murah hati.

Jantung koroner reda tanpa operasi

Pak Ali menolak operasi ketika dokter memvonis dua cabang koroner jantungnya tersumbat. “Menggendong” penyakit koronernya, Pak Ali mampu bertahan hidup selama 13 tahun berkat program hidup sehat yang diyakininya. Ia mencarinya sendiri ke Amerika, dan menemukan Newstart Weimar CA-USA.

Program Newstart membuat menu harian Pak Ali berubah total. Semua tanpa minyak dan mentega. Tidak pula mengonsumsi daging maupun ikan. Sayur-mayurnya pilihan, dan amat beraneka ragam. Sebagian organik. Begitu juga jenis bebuahannya yang ditanam sendiri di lahan seluas 10 hektare.

Cita rasa menu dikreasi mendekati sebagaimana aslinya perkedel, sup, tumis jamur, tanpa diimbuhi penyedap, apalagi pengawet. Gula pasir diganti gula merah. Selalu terhidang beragam kacang, umbi, susu kedelai, madu, dan roti gandum buatan sendiri.

Alhasil, Pak Ali jadi bugar. Jantungnya tak lagi “merengek”. Hidupnya berubah teratur, jadwal tidurnya tertib, kegiatan fisiknya tertata, semua serba terprogram. Keberhasilan ini kemudian melahirkan komitmen dalam diri Pak Ali, kelak ingin membagikan pengalamannya kepada banyak orang.

Sayang, Pak Ali meninggal ketika bangunan Newstart yang diimpikannya baru setengah jalan. Si bungsu Angely lalu melanjutkan pesan luhur sang ayah. Sampai sekarang sudah aktif operasional lebih dua tahun. Ia menyebut kegiatannya The Lifestyle Centre of Indonesia: Newstart Healthy Living.

Ini program lawas asal Negeri Paman Sam yang kini sudah banyak cabang di beberapa negara bagian, selain di Filipina, Singapura, Malaysia. Di Trawas resmi cabang untuk Indonesia. Program disusun bagaimana gaya hidup diubah lewat nutrisi, latihan fisik, air sehat, cahaya matahari melimpah, udara segar, menekuni saat jeda, mengendalikan diri, dan berserah diri kepada Sang Khalik.

Di Trawas program itu dilakoni oleh banyak peserta paket. Sebagian datang dari Taiwan, Singapura, dan Malaysia, selain dan luar kota dan sekitar. Testimonial peserta paket hidup sehat ala Trawas mengaku lebih bugar setelah melanjutkan programnya sendiri sekembali ke rumah.

Belajar memasak sehat

Peserta sehat maupun mereka yang sedang sakit, atau pascasakit, perlu membawa pendamping. Dalam program selain dihidangkan menu sehat, diajarkan pula bagaimana memasak sendiri menu sehat tak ubahnya menu vegetarian.

Tidak semua lancar beradaptasi dengan menu tanpa minyak tak bermentega, nihil daging dan ikan. Namun, yang sudah berhasil melampauinya, merasakan badannya lebih sehat. Bukti bahwa mengubah gaya hidup, termasuk menu kembali ke alam, benar menyehatkan. Bagi yang tidak menganutnya, ini menjadi pembuktian terbalik, bahwa program seperti itu ternyata menyehatkan.

Menu sehat itu tidak selezat menu jahat. Semakin gurih sebuah menu lantaran kaya lemak dan minyak. Makin berdaging dan berikan, makin nikmat sebuah menu. Sayang, justru yang gurih nikmat itu tidak menyehatkan, dan membinasakan kesehatan.

Mata air termurni

Air Terjun TrawasMemilih Trawas bukan kebetulan. Tak jauh dari lokasi ada tiga tujuan wisata alam. Ada air terjun (Dlungdung), ada peninggalan arca dan candi Hindu dengan mata air konon termurni di dunia (Airlangga).

Bantaran sawah berundak terhampar menghijau, selain hutan tropis yang liar mengepung. Sungguh panorama yang menumbuhkan keheningan batin, khususnya bagi orang kota. Selain itu, mudah menjangkau situs di Trowulan dan aneka arkeologis lain, termasuk ke Pandaan dan Bromo.

Paket hidup sehat di Trawas bisa memilih dua minggu tinggal tak ubahnya di hotel. Bedanya, ada sejumlah program, ahli gizi, ahli pijat, dan terapi air. Selain praktik memasak sehat, ditatar hidup sehat pula.

Bahkan, empat anjing peliharaan Angely sejak bayi sudah diberi menu yang sama. Konon sehat, penyakit kulitnya sembuh sendiri, tak pernah flu seperti juga tuannya yang berjanji akan tetap memilih gaya hidup warisan sang ayah sampai ujung umurnya. Sang manajer Angely dan Torry dapat dikontak di alamat www.newstartindonesia.com.

Sumber: Senior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.