Berpetualang ke Taman Nasional Gunung Halimun

halimunHalimun berarti kabut. Di gunung Halimun terdapat banyak misteri keanekaragaman hayati. Selain macan tutul, burung pemangsa bernama Elang Jawa juga bisa dijumpai di tempat ini.

Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH) terletak lebih kurang 100 KM arah Barat Daya Jakarta. Secara administratif wilayah itu termasuk dalam Kabupaten Bogor, Lebak dan Sukabumi. Luas taman nasional ini mencapai 40.000 hektar dan terbentang di ketinggian antara 500 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

Dari kawasan taman nasional ini mengalir beberapa sungai yang tak pernah kering memenuhi kebutuhan air bagi wilayah di sekitarnya. Sungai-sungai tersebut antara lain Ciberang, Ciujung, Cidurian, Cisadane dan Cimandur.

Karena tempatnya masih berupa hutan perawan dan berada di ketinggian dengan kemiringan sampai 45 derajat, maka dapat ditemui beberapa air terjun yang sangat eksotik yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Salah satu tempat yang lazim dikunjungi adalah stasiun penelitian Cikaniki yang terletak di bagian Barat taman ini. Sekitar 200 meter di sebelah Utara stasiun penelitian ini terdapat sebuah menara penelitian, atau tepatnya jembatan yang diberi nama Canopy Walk. Bangunan ini menggunakan empat pohon besar sebagai penyangga empat jembatan yang panjangnya 100 meter dengan ketinggian 25 meter dari permukaan tanah.

Karena terletak di tiga kabupaten, Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH) bisa dicapai lewat berbagai arah. Tapi untuk mudahnya, Anda bisa memilih jalur Parungkuda di Sukabumi menuju Kabandungan. Jarak yang dilalui sekitar 30 KM selama sekitar 1,5 jam. Kendaraan pribadi atau angkutan umum bisa digunakan untuk menempuh perjalanan ini. Kemudian dari kantor TNGH di Kabandungan, setelah membayar karcis Rp 1.500 per orang dan asuransi sebesar Rp 2.000, pengunjung dapat menuju ke stasiun penelitian Cikaniki, memakan waktu 1,5 hingga dua jam untuk jarak 18 kilometer, karena jalan masih berbatu. Dijalur ini penggunaan kendaraan pribadi tidak dianjurkan. Sebaiknya pengunjung menyewa truk pengangkut teh seharga Rp 25.000 sekali jalan. Dengan truk sewaan itu pula Anda bisa meneruskan perjalanan ke Cita Lahab, kawasan perkebunan teh yang berada dalam taman nasional itu.

Selamat Berpetualang!!

One thought on “Berpetualang ke Taman Nasional Gunung Halimun”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.