Bertemu Koleksi Satwa Langka di TN Meru Betiri

BILA Anda termasuk pecinta alam, Taman Nasional Meru Betiri bisa menjadi pilihan untuk dijelajahi. Taman ini merupakan perwakilan ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah di Jawa, serta merupakan habitat tumbuhan langka dan beberapa jenis tumbuhan bakau.

Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Potensi satwa yang dimilikinya terdiri dari 29 jenis mamalia, dan 180 jenis burung. Kesemuanya dilindungi.

Yang menjadi ciri khas taman adalah keberadaan habitat penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau dan penyu ridel/lekang di Pantai Sukamade. Untuk pengembangan penyu agar mereka tidak punah, dibangun beberapa fasilitas penunjang sederhana di sekitar pantai.

Keberadaan harimau loreng Jawa yang langka juga menjadi satu hal terkenal dari taman. Satwa tersebut sangatlah dilindungi karena tak lagi ditemukan dan diduga sudah punah.

Pantai Rajegwesi termasuk objek wisata yang ada di area taman. Pengunjung bisa melakukan kegiatan seperti wisata bahari, berenang, melakukan pengamatan satwa/tumbuhan dan wisata budaya. Lalu ada Sumbersari, area seluas 192 hektar untuk melihat atraksi satwa seperti sambar, rusa, kijang, dan terdapat laboratorium alam untuk kegiatan penelitian.

Bila ingin melihat penyu yang sedang bertelur, berkemah, berselancar, atau melakukan pengamatan terhadap tumbuhan dan satwa bisa mendatangi Pantai Sukamade. Di sekitarnya tersedia penginapan memadai.

Selama perjalanan ke Sukamade anda bisa menikmati pemandangan perkebunan karet dan kakao yang sangat jarang ditemukan di dunia. Musim kunjungan terbaik ke tempat ini adalah ketika bulan Februari – Juli, setiap tahunnya.(*/X-13)

4 thoughts on “Bertemu Koleksi Satwa Langka di TN Meru Betiri”

  1. Vaya tela!!!! lo que estoy leyendo…busquen profesionales…los hay muy buenos…Si quieren ustedes mismos construirse su propia casa, deberan estudiar como minimo, un par de carreras universitarias y hacer como una decena de cursos con diferentes especialidades de Formacion Profesional

  2. I love the Bay!To the person above me: YouTube is not a trusted, consistent news source website. It is a conglomerate of user-based videos often with little no factual credibility. When people see ABC's logo, they think news and reporting. That is why they probably decided to use ABC as a medium.youtube.com/ephsori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.