Dome, Rumah Unik di Sekitar Joglo

JIKA Anda perhatikan rumah-rumah asli di Jawa umumnya berbentuk empat persegi panjang atau segi empat sama sisi yang biasa dikenal sebagai rumah gaya limasan atau joglo. Tapi di Sleman ada rumah-rumah dome yang berbentuk kubah.

Rumah Dome dibuat di Dusun Nglepen, Prambanan akibat bencana gempa bumi 27 Mei 2006 lalu dan mulai ditempati warga pada akhir April 2007. Muhammad Ali Alabar pemilik Emaar Property Dubai adalah donatur tunggal yang membangun kompleks.

Selain aman dan tahan dari gempa, Rumah Dome juga unik, di mana bentuknya menyerupai bentuk rumah yang ada di serial boneka telletubies dan dilihat dari kejauhan, deretan rumah-rumah ini mirip dengan telur angsa yang berceceran.

Ada 80 unit Rumah Dome di Dusun Nglepen, 71 rumah hunian, 6 MCK komunal dan 3 fasilitas umun (mushola, aula, dan poliklinik). Sebelum masuk ke sini, Anda diwajibkan membayar Rp 1.500,00 per orang dan Rp 6.000,00 per orang untuk paket.

Anda akan mendapat informasi lebih tentang Rumah Dome dari seorang pemandu dan akan diajak melakukan aktivitas menarik seperti melihat proses pembuatan emping garut, jelajah desa, dan tracking ke berbagai obyek yang ada di sekitar kompleks Rumah Dome.

Akses menuju kompleks Rumah Dome tidak terlalu jauh dari obyek wisata Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan. Namun sayangnya, tidak ada angkutan umum yang melewati daerah ini, sehingga Anda harus berjalan kaki atau sewa ojek.

Bisa Anda pilih 2 rute perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju kompleks Rumah Dome. Yang pertama lewat jalan utama Solo-Yogyakarta dan yang kedua lewat jalan Jogja-Wonosari.

Sepintas rumah-rumah ini juga seperti rumah Iglo yang ditempati orang-orang Eskimo atau rumah asli Papua Honai. Rumah Dome di Sleman merupakan satu-satunya kompleks Rumah Dome yang ada di Indonesia atau bahkan Asia.

Selain Indonesia, empat negara lainnya di dunia yang memiliki rumah-rumah Dome adalah India, Nicaragua, Haiti dan Paraguay. Saat ini, warga yang tinggal di rumah Dome menyebut kompleks perumahan mereka dengan nama New Nglepen Village.(wisatamelayu.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *