Home » DI Yogyakarta

Dome, Rumah Unik di Sekitar Joglo

7 January 2012 DI Yogyakarta 2,525 views No CommentPrint This Post PRINTEmail This Post EMAIL

JIKA Anda perhatikan rumah-rumah asli di Jawa umumnya berbentuk empat persegi panjang atau segi empat sama sisi yang biasa dikenal sebagai rumah gaya limasan atau joglo. Tapi di Sleman ada rumah-rumah dome yang berbentuk kubah.

Rumah Dome dibuat di Dusun Nglepen, Prambanan akibat bencana gempa bumi 27 Mei 2006 lalu dan mulai ditempati warga pada akhir April 2007. Muhammad Ali Alabar pemilik Emaar Property Dubai adalah donatur tunggal yang membangun kompleks.

Selain aman dan tahan dari gempa, Rumah Dome juga unik, di mana bentuknya menyerupai bentuk rumah yang ada di serial boneka telletubies dan dilihat dari kejauhan, deretan rumah-rumah ini mirip dengan telur angsa yang berceceran.

Ada 80 unit Rumah Dome di Dusun Nglepen, 71 rumah hunian, 6 MCK komunal dan 3 fasilitas umun (mushola, aula, dan poliklinik). Sebelum masuk ke sini, Anda diwajibkan membayar Rp 1.500,00 per orang dan Rp 6.000,00 per orang untuk paket.

Anda akan mendapat informasi lebih tentang Rumah Dome dari seorang pemandu dan akan diajak melakukan aktivitas menarik seperti melihat proses pembuatan emping garut, jelajah desa, dan tracking ke berbagai obyek yang ada di sekitar kompleks Rumah Dome.

Akses menuju kompleks Rumah Dome tidak terlalu jauh dari obyek wisata Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan. Namun sayangnya, tidak ada angkutan umum yang melewati daerah ini, sehingga Anda harus berjalan kaki atau sewa ojek.

Bisa Anda pilih 2 rute perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju kompleks Rumah Dome. Yang pertama lewat jalan utama Solo-Yogyakarta dan yang kedua lewat jalan Jogja-Wonosari.

Sepintas rumah-rumah ini juga seperti rumah Iglo yang ditempati orang-orang Eskimo atau rumah asli Papua Honai. Rumah Dome di Sleman merupakan satu-satunya kompleks Rumah Dome yang ada di Indonesia atau bahkan Asia.

Selain Indonesia, empat negara lainnya di dunia yang memiliki rumah-rumah Dome adalah India, Nicaragua, Haiti dan Paraguay. Saat ini, warga yang tinggal di rumah Dome menyebut kompleks perumahan mereka dengan nama New Nglepen Village.(wisatamelayu.com/*/X-13)

Be Sociable, Share!


Artikel Terkait:

  • Menikmati Kesejukan Perkebunan Teh Pagilarang
    [ Friday, 30 Dec 2011 - 8 : 53 | 0 comments | 2419 views ]
    BUAT Anda yang gemar melakukan aktivitas tea walk bisa berkunjung ke Perkebunan Teh Pagilarang yang berada di Kabupaten Batang, Kecamatan Blado, di sebelah selatan kota Batang, Jawa Tengah. Pemandangan alam di sekitarnya sangat mengagumkan dengan hamparan kebun teh yang menawan di...
  • Ndalem Gebang
    [ Sunday, 30 Aug 2009 - 22 : 34 | 0 comments | 2321 views ]
    Ndalem Gebang Ndalem Gebang ( Rumah tinggal Bung Karno ) merupakan rumah tempat tinggal Orang tua Bung Karno. Rumah ini letaknya tidak jauh dari Makam Bung Karno kira-kira 2 km ke arah selatan, tepatnya di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar....
  • Candi Prambanan
    [ Friday, 25 Sep 2009 - 8 : 09 | 0 comments | 6998 views ]
    candi prambanan Peninggalan Hindhu terbesar di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini terletak lebih kurang 17 kilometer disebelah timur laut Yogyakarta. Candi Prambanan merupakan komplek percandian dengan candi induk menghadap ke arah timur , dengan bentuk secara keseluruhan menyerupai gunungan...
  • Dari Gubuk Menjadi Bangunan Bersejarah RI
    [ Saturday, 21 Jan 2012 - 22 : 37 | 0 comments | 2840 views ]
    SEBELUM menjadi Museum Perundingan Linggarjati, bangunan ini hanya berupa gubuk milik Ibu Jasitem di tahun 1918. Lalu pada tahun 1921, seorang kebangsaan Belanda bernama Tersana, merombak gubuk itu menjadi rumah semi permanen. Rumah itu kemudian dibeli keluarga Van Ost Dome, lalu...
  • Berselancar di Ombak Pantai Pulau Asu
    [ Sunday, 17 Feb 2008 - 21 : 07 | 0 comments | 2600 views ]
    Foto-foto: SP/Heri Soba Salah satu pondok sederhana yang dapat dihuni oleh 2-4 orang mulai banyak dibangun di Pulau Asu. Makanan dan fasilitas lainnya sudah disediakan oleh para pengelola “cottage” tersebut. Deburan ombak merupakan salah satu daya tarik wisatawan ke Pulau Asu untuk...


Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (8)



Have your say!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>