Gembira Loka Bukan Sekadar Kebun Binatang

TERLETAK di daerah aliran sungai Gajah Wong, Gembira Loka merupakan kebun binatang kebanggaan milik warga Yogyakarta. Hampir setengah abad yang lalu, Sri Sultan Hamengku Buwono IX telah mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan tempat memelihara satwa peliharaan raja menjadi sebuah kebun binatang.

Gembira Loka terletak di atas lahan seluas 20 hektare yang setengahnya berupa hutan lindung. Di sini terdapat lebih dari 100 spesies satwa dari dalam maupun dari luar negeri, termasuk diantaranya beberapa jenis binatang yang telah langka di dunia, seperti veranus komodoensis (kadal raksasa dari Pulau Komodo), ular berkaki dan lain sebagainya.

Di kebun binatang ini juga tersedia fasilitas hiburan seperti bersampan di danau buatan, kolam pemancingan dan lainnya. Pada hari libur dan hari raya, di tempat ini diselenggarakan juga pergelaran musik, lomba mocopat, pergelaran seni kerawitan dan atraksi hiburan yang lain, sehingga Gembira Loka merupakan tempat yang nyaman untuk rekreasi bersama keluarga.

Gembira Loka bukan sekadar kebun binatang namun juga taman impian anak-anak, karena di sana tersedia gua-gua yang artistik dan taman bermain. Di kebun binatang ini terdapat beberapa danau buatan.

Pihak kebun binatang juga telah menjadwalkan setiap tahunnya akan ada tambahan binatang baru untuk menambah koleksinya, bahkan sudah beberapa kali binatang langka seperti komodo telah menetaskan telurnya.

Kebun Binatang Gembira Loka dibuka untuk umum mulai pukul 07.00-18.00 WIB dan sangat mudah untuk di akses karena terletak di pinggir jalan. Untuk sampai di sana dapat dicapai dengan segala jenis kendaraan umum yang berada di Yogyakarta.

Namun, ada satu hal yang memprihatinkan, yaitu banyak kondisi satwa yang kurang terurus. Banyak fasilitas yang seakan seadanya saja. Hal itu karena pendapatan dari tiket masuk sangat kecil dari sedikitnya wisatawan yang berkunjung.(mediaindonesia.com/Ol-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *