Goa Gudawang

goa-gudawangGoa ini merupakan rangkaian Goa yang sangat unik dan menarik. Nama Gudawang berasal dari kata “Kuda Lawang” yang artinya buntut/ekor kuda yang di kepang. Di kawasan ini terdapat 12 goa, tapi hanya 3 yang sudah dikembangkan atau dikelola dan dibuka untuk umum, yaitu, Goa Simenteng, Goa Simasigit, dan Goa Sipahang.

Bila anda ingin berwisata ke tempat-tempat wisata alam, Gua Gudawang dapat dijadikan pilihan bagi anda yang sedang mencari tempat wisata alam. Gua yang terletak di Kecamatan Cigudeg, Bogor ini dapat ditempuh dari Kota Bogor sekitar 30Km atau setara 1 jam perjalanan dan dapat juga di diakses dari Kota Tangerang melalui ParungPanjang dengan jarak tempuh 60Km atau 2 jam perjalanan.

Untuk menuju lokasi Gua Gudawang anda akan melalui jalan yang rusak, terlebih bagi anda yang melalui ParungPanjang. Nampaknya Pemerintah Daerah setempat kurang memperhatikan kondisi jalan menuju obyek wisata ini. Saat anda akan memasuki obyek wisata anda akan melalui gerbang obyek wisata Gua Gudawang yang mulai lusuh karena kurang dirawat.

Tiket masuk menuju Gua Gudawang tergolong murah harganya, hanya Rp 2500,- per orang. Di obyek wisata ini terdapat tiga gua yang terletak di kanan, kiri, dan depan pintu masuk obyek wisata. Tiga gua tersebut yakni Gua Simenteng, Gua Simasigit ,dan Gua Sipahang.

Gua-gua yang terletak di obyek wisata Gua Gudawang merupakan gua alami yang terbentuk dari proses sedimentasi yang terjadi selama ratusan tahun lalu. Di Gua Gudawang ini jangan pernah berharap untuk dapat menemukan fasilitas umum yang lengkap, karena obyek wisata Gua Gudawang ini baru di pugar sekitar tahun 2000 dan sampai saat ini kurang mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata Bogor.

One thought on “Goa Gudawang”

  1. dulu waktu sekolah pernah kegua gudawang,kebetulan ada temen rumahnya disana..pagi2..ketika penjaga belum datang kami sudah datang..dan masuk gratis..karna masih sepi..mulut2 guanya berkepala harimau…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.