Goa Jatijajar

Goa Jatijajar
Goa Jatijajar

Terletak 21 Km sebelah barat daya Kecamatan Gombong, atau 42 Km sebelah barat daya kota Kebumen. Legenda di dalam goa menggambarkan legenda Raden Kamandaka atau legenda Lutung Kasarung. Panjang goa adalah 250 meter. Di area Goa Jatijajar ini juga terdapat beberapa goa lainnya, seperti Goa Intan dan Goa Dempok serta tersedia taman dan Pulau Kera. Untuk menuju ke obyek wisata ini telah tersedia sarana dan prasara transportasi, penginapan serta rumah makan yang relatif representatif.

Patung Dinosaurus yang seolah memuntahkan air dalam lokasi wisata ini sebenarnya merupakan muara dari mata air dari dalam Goa Jatijajar yang tiada pernah berhenti walau musim kemarau sekalipun. Obyek wisata Goa Jatijajar dilengkapi taman yang asri yang dilengkapi dengan taman bermain. Taman ini diberi nama Pulau Kera, karena di taman ini terdapat banyak patung kera.

Di gerbang mulut Goa Jatijajar, terdapat lobang di antara stalagnit, sehingga bila cahaya matahari masuk terlihat sangat indah. Goa Jatijajar merupakan bukti dari legenda Kamandaka (Lutung Kasarung), di mana kisah ini secara tersirat dikisahkan melalui patung-patung yang ada di dalam Goa Jatijajar. Di dalam Goa Jatijajar terdapat sebuah mata air (sendang) yang konon kabarnya akan membuat awet muda bagi yang mencuci muka di sana. Ingin bukti, datang dan cobalah….. Di samping Goa Jatijajar, masih terdapat goa yang lain seperti Goa Dempok ini. Stalagtit yang terdapat di dalam Goa Dempok terbentuk secara alami selama ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Hingga kini masih terjaga keasliannya. Goa Intan berada satu lokasi dengan obyek wisata Goa Jatijajar. Goa ini memiliki keunikan tersendiri dengan langit goa yang relatif tidak terlalu tinggi.

Goa Jatijajar terletak kira kira 21 km dari kota Gombong atau 42 km barat daya kota Kebumen. Nama Jatijajar berasal dari kata jati dan jajar. Jati berarti nama pohon, Jajar berarti sejajar .terdapat diorama yang menceritakan tentang Legenda Raden Kamandaka. Legenda tersebut menunjukkan percintaaan abadi antara Raden Kamandaka dan Dewi Ratna Ciptarasa. Di dalam goa terdapat 4 ( empat ) sendang, yaitu Sendang Mawar, Kantil Jombor, dan Puserbumi. Terdapat pula stalaktit dan stalakmit. Obyek wisata unggulan ini menyajikan Rest Area, pasar souvenir, konveksi dan makanan khas. Di komplek/kawasan obyek wisata Goa Jatijajar terdapat 3 (tiga) goa yaitu Goa Dempok, Goa Intan dan Goa Jatijajar. Yang lebih menarik lagi di dinding atas Goa Jatijajar terdapat beragam tulisan dari pengunjung yang pernah datang ratusan tahun yang lalu, ada yang dari Hindia Belanja, Eropa bahkan trah penguasa pertama pemerintah Kabupaten Kebumen. Lokasi : Gua Jatijajar :
Desa/Kelurahan : Jatijajar
Kecamatan : Ayah
Kabupaten : Kebumen
Jarak tempuh : 42 km dari Kebumen / 180 km Kebumen – Semarang
Waktu kunjungan : Setiap hari
Telephone : 0287 – 475132 Lasimin : 081391106000

Fasilitas Pendukung :
Fasilitas di dalam Obyek Wisata :
1.Taman parkir
2.Taman bermain
3.Kios Cinderamata dan makanan
4.Mushola
5.MCK
6.Panggung Hiburan
7.T I C

Daya Tarik :
Obyek Wisata Gua Jatijajar terdiri dari :

1.Gua Jatijajar ada ; 4 sendang : Sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang
Jombor, Sendang Puser Bumi.
2.Gua Dempok,
3. Gua Intan,
4. Gua Titikan,
5. Wana Wisata,
6. Tobong Kapur.

4 thoughts on “Goa Jatijajar”

  1. Beberapa hari yg lalu (15 Agustus 2009) saya mengunjungi goa Jatijajar.. Kebetulan saat itu sedang sepi, sehingga terlihat agak seram. Menurut saya, goa Jatijajar cukup menarik sebagai tempat berwisata, dimana saya dapat melihat secara langsung stalagmit dan stalaktit yg prosesnya terjadi dlm ribuan tahun. Namun disayangkan banyak coretan-coretan pada diding goa, hal ini merusak keindahan doa didalamnya. Himbauan agar pengelola dapat lebih memperhatikan lagi tangan2 usil yg merusak keindahan tempat wisata ini..
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.