Gua Rancang Kencono, Tempat Persembunyian Pejuang

GUA Rancang Kencono menjadi saksi bisu atas masa perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Gua merupakan gua purba karena di dalamnya ditemukan artefak dan tulang belulang berumur ribuan tahun. Terletak di Desa Wisata Bleberan, Yogyakarta.

Tak perlu perlengkapan khusus untuk menyusuri gua. Untuk memasukinya, pengunjung hanya cukup menuruni tangga batu yang sudah dibangun sejak dulu. Sebatang pohon klumpit berdiri tegak menutupi atas gua seakan menjadi pelindung.

Dulu gua sempat dijadikan sebagai lokasi persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram saat menyusun rencana pengusiran Belanda dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Fungsi gua sebagai tempat perancangan strategi kemerdekaan menjadi alasan mengapa gua diberi nama Gua Rancang Kencono.

Langit-langit gua banyak dihiasi stalaktit. Banyak di antaranya sudah mati sehingga tak nampak air yang menetes. Tepat di sebelah ruang pertemuan, ada ruang kecil yang sempit dan gelap. Di dalamnya terdapat lukisan bendera merah putih serta kata-kata penyemangat untuk para pejuang.

Ada pula sebuah lorong yang menghubungkan Gua Rancang Kencono dengan obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Namun sayangnya sebagian lorong telah runtuh sehingga tak bisa ditelusuri.

Wisata Gua Rancang Kencono dikelola sepenuhnya oleh masyarakat Desa Wisata Bleberan. Harga tiket masuk seharga Rp 3.000 dan sudah termasuk tiket masuk ke Air Terjun Sri Gethuk. (yogyes.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *