Home » Sumatra Barat

Indahnya Danau Singkarak, Renyahnya Ikan Bilih

7 April 2009 Sumatra Barat 5,364 views One CommentPrint This Post PRINTEmail This Post EMAIL

danau-singkarakPADANG – Pasir yang halus membentang di pinggir pantai dan dipermainkan riak kecil. Dari kejauhan, beberapa orangberada di perahu di tengah laut, menikmati keindahan alami yang ditawarkan.
Pesona alam ini masih dipercantik dengan hamparan Bukit Barisan yang mengelilinginya. Gunung Singgalang dan Marapi menjulang tinggi menjadi “penjaganya”.
Pesona Danau Singkarak memang tidak pernah putus kalau diceritakan. Objek wisata yang satu ini menjadi salah satu primadona pariwisata Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Letaknya pun strategis, berada di antara Kabupaten Tanah Datar dan Solok.
Kabupaten Solok memang kaya dengan danau. Menurut data Pemerintah Kabupaten Solok, Danau Singkarak merupakan salah satu dari lima danau yang dijadikan objek wisata unggulan. Empat danau yang lain adalah Danau Diatas yang terletak di Kecamatan Lembah Gumanti pada dataran tinggi Alahan Panjang, dengan luas kurang lebih 17,19 hektare.
Lalu Danau Dibawah, dengan luas sekitar 16,83 hektare, yang terletak sekitar satu kilometer sebelah selatan Danau Diatas. Danau ketiga dinamakan Danau Talang, yang terletak di Kecamatan Lembang Jaya, berada kurang lebih dua kilometer dari Danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah).
Danau Singkarak sendiri merupakan danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau Singkarak yang luasnya 107,8 hektare berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Tanah Datar.

Pemandangan Danau Singakarak masih seperti dulu, beberapa tahun lalu. Pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang tepian danau, menjadi pembatas antara daratan dan air. Lingkungan yang asri dan hawanya yang sejuk, juga menjadi kenikmatan tersendiri jika Anda berkunjung ke sana. Danau Singkarak berada sekitar 80 kilometer dari Kota Padang. Jika hendak berangkat ke sana, dari Padang bisa menggunakan angkutan umum dengan biaya sekitar Rp 20.000.
Nah, ketika sudah tiba di Danau Singkarak, tidak nikmat rasanya kalau tidak berenang. Airnya yang jernih seperti merajuk untuk direnangi. Tetapi agar bisa berenang dengan lebih aman, ada penduduk di sekitar danau yang menyewakan ban karet. Tarifnya pun tidak mahal, hanya Rp 1.000 per ban.

Menjelajahi Danau Singkarak juga tak lengkap rasanya kalau tidak menggunakan perahu, atau perahu motor dan becak danau untuk berkeliling. Ongkosnya pun relatif murah. Untuk perahu motor cukup membayar Rp 10.000 per orang dengan kapasitas perahu sekitar 20 orang. Sedangkan becak danau Rp 5.000 per orang dengan kapasistas 5-7 orang.
Masih ada keistimewaan lain yang hanya dimiliki Danau Singkarak, yakni terdapat spesies ikan langka yang mungkin hanya satu-satunya di dunia. Spesies ini bernama ikan bilih (Mystacoleucus padangensis). Ikan ini tidak bisa dibudidayakan di luar habitat aslinya, baik di akuarium, kolam, bahkan dalam jala terapung yang ada di Danau Singkarak sekalipun. Bentuk ikan bilih mirip teri, namun hidup di air tawar.
Oleh warga sekitar, ikan ini menjadi sumber mata pencarian. Namun, karena ikannya makin langka, harganya pun lumayan bervariasi.

Oleh nelayan di Danau Singkarak, ikan itu dijual dengan harga Rp 10.000-15.000 per kilogram. Akan tetapi, kalau sudah masuk ke pasar, harganya meningkat menjadi Rp 25.000-50.000 per kilogram. Anda dapat pula menikmati hidangan di sekitar Danau Singkarak, karena ada warga yang membuka rumah makan dengan menu andalan ikan bilih. n

Be Sociable, Share!


Artikel Terkait:

  • Rona-rona Singkarak
    [ Monday, 12 Mar 2012 - 7 : 49 | 1 comments | 42228 views ]
    BILA gugusan awan menyibak, di arah selatan dari puncak Gunung Marapi (2891 Mdpl), panorama Danau Singkarak tak ubah seperti genangan air di salah satu cekungan Bukit Barisan. Marapi, merupakan puncak tertinggi untuk melihat keindahan danau terbesar di Sumatra Barat tersebut. Keelokan...
  • Pesona Danau Ranau, Danau Terbesar Kedua di Sumatera
    [ Friday, 14 Mar 2014 - 13 : 56 | 0 comments | 23795 views ]
    danau ranau Selain Danau Toba, Pulau Sumatera juga punya Danau Ranau, danau terbesar kedua di Sumatera. Tidak hanya luas dan indah, udara di sekitar danau juga sangat sejuk. Ayo bertualang ke sana akhir pekan ini. Danau Ranau ini merupakan danau terbesar kedua di...
  • Danau Maninjau Pesona yang Tiada Henti
    [ Thursday, 16 Apr 2009 - 19 : 05 | 0 comments | 4243 views ]
    danau-maninjau Deretan keramba menunjukkan adanya aktivitas yang tiada henti, sumber kehidupan masyarakat sekitar. Dari kejauhan, bukit tampak menjadi penjaga Maninjau. Masih setia seperti dulu walaupun terkadang tidak bersahabat dan danau tetap menjadi tempat bergantung masyarakat sekitar. Sesaat kemudian langit pun mulai berganti,...
  • Tidak Ada Danau Seunik Danau Sentarum
    [ Thursday, 15 Mar 2012 - 13 : 21 | 0 comments | 1909 views ]
    THE Last Paradise menjadi julukan bagi Danau Sentarum yang merupakan komplek danau-danau yang terdiri dari 20 danau besar dan kecil yang terletak di Borneo, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Sejak tahun 1999 ditetapkan sebagai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Berbeda dengan...
  • Sawahlunto
    [ Friday, 17 Sep 2010 - 22 : 27 | 0 comments | 3396 views ]
    Inilah salah satu kota tambang peninggalan masa kolonial Belanda di Sumatera Barat. Sawahlunto dibangun Hindia-Belanda setelah ditemukannya kandungan batubara oleh Ir De Greve pada 1867 di Batang Lunto, sebelah timur Danau Singkarak. Kandungan batubara yang melimpah membuat kaum kolonial tak segan...


Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (30)



One Comment »

Have your say!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>