Jembatan Akar Berumur 100 Tahun?

SEBUAH jembatan akar yang diuperkirakan berumur sekitar 100 tahun di Sumatra Barat menjadi objek wisata yang unik untuk dikunjungi. Berbeda dengan jembatan akar lain yang dibangun menggunakan campuran bahan semen, jembatan akar ini secara keseluruhan dirajut dari akar pohon yang tumbuh dari kedua sisi sungai. Panjangnya yang mencapai 25 meter, melebihi panjang jembatan akar yang terletak di Badui, Jawa Barat dan jembatan akar di Jepang.

Objek wisata ini terletak kurang lebih 88 km sebelah selatan kota Padang, kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Tempat ini bisa diakses menggunakan angkutan umum, travel, mobil sewaan atau mobil pribadi.

Jika menggunakan jasa angkutan umum, perjalanan akan dimulai dari kota Padang menuju Painan (ibu kota kabupaten), yang kemudian mengarah ke Kec. Bayang. Bagi wisatawan yang menggunakan mobil sewaan atau mobil pribadi bisa langsung menuju lokasi objek wisata.

Wisatawan yang datang dari luar kota dapat menginap di hotel dan penginapan yang ada di kota tersebut. Meski didekat lokasi objek wisata terdapat beberapa warung kecil yang menyediakan minuman ringan dan mie instan, wisatawan disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri. Jembatan dari akar pohon beringin ini sepanjang 15 meter dengan lebar satu meter. (*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.