Keunikan Pulau Nusa Penida

Nusa Penida
Nusa Penida

Nusa Penida terkenal dengan obyek bawah lautnya sehingga banyak penyelam dari manca negara datang ke Nusa Penida untuk mengexplorasi keindahan panorama bawah laut Nusa Penida.

Selain menawarkan wisata laut, Nusa Penida juga mempunyai beberapa tempat yang sangat indah untuk dikunjungi, diantaranya Pantai Penida, Pantai Atuh, Pura Batumedawu, Pura Goa Giri Putri, Pura Dalem Ped, Puncak Mundi, dan beberapa sumber mata air di sebelah selatan Nusa Penida yang menawarkan pemandangan Laut dengan tebing yang berketinggian antara 50 – 200 meter.

Nusa Penida, yang terletak di kabupaten Klungkung, adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung.

Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Nusa Lembongan.

Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya diantaranya terdapat di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

Pulau Nusa Penida dapat dijangkau dari Sanur, Kusamba dan Padang Bay.

Nusa Penida merupakan daerah kering dengan tekstur tanah berkapur. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani rumput laut, nelayan dan buruh, dan lainnya sebagai pedagang.

Perkembangan sektor pariwisata masih didominasi di Nusa Lembongan, sedang di Pulau Nusa Penida masih belum berkembang sama sekali, hanya terlihat aktivitas snorkeling dan diving.

Daya tarik utama kawasan Nusa Penida dan Nusa Lembongan adalah terumbu karang yang masih alami dan juga ikan yang beraneka ragam.

Untuk mencapai dan menikmati kawasan Nusa Penida, dapat juga ditempuh dengan Quicksilver Cruise dengan harga yang terjangkau. (Aya/Berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *