Malam Minggu di Lawang Sewu

lawang-sewuOrang yang pernah tinggal di Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya, pasti pernah dengar nama Lawang Sewu, yang terkenal angker. Bahkan kisah horornya sudah diangkat ke layar lebar. Nah.. Lawang Sewu yang artinya berpintu seribu itu terletak dipinggir bundaran Tugu Muda, Semarang, Jawa Tengah.

Berdiri kokoh di pusat Kota Semarang, keangkeran Gedung Lawang Sewu nyatanya justru mengundang penasaran. Coba saja datang Malam Minggu ke tempat ini. Banyak yang berkunjung dan masuk kedalamnya dengan membayar tiket 5 ribu rupiah.

Supaya tidak bingung, enakan menyewa pemandu yang kebanyakan merupakan warga sekitar. Mereka bakal dengan fasih menerangkan sejarah gedung yang dibangun sekitar tahun 1900 an itu. Tapi jangan harap di dalam Lawang Sewu bakal terang benderang dan justru disitu asyiknya menelusuri gedung tua yang masih berdiri kokoh ini.

Pada awalnya Lawang Sewu merupakan gedung perusahaan kereta api. Tapi jaman perjuangan, gedung ini dijadikan salah satu basis pertempuran. Salah satunya pertempuran 5 hari, yang diperingati melalui pembangunan Tugu Muda.

Nah.. konon, karena pernah jadi tempat pembantaian saat pertempuran ! Lawang Sewu dianggap angker. Ditunjang dengan arsitekturnya yang khas, berbagai cerita hantu pun kian subur mewarnai Lawang Sewu. Nama Lawang Sewu yang berarti seribu pintu datang dari banyaknya pintu disini, baik di lantai bawah maupun lantai atas.

Walaupun tidak terawat masih kelihatan kalau arsiktektur Lawang Sewu bagus banget. Coba, lihat aneka kaca patri yang ada di dinding bagian atas, keren deh. Seluruh bangunan Lawang Sewu ini dibuat tidak pakai kerangka besi, melainkan hanya batu bata dan marmer.

Tapi tidak bisa dipungkiri, rasa penasaran dengan aneka kian hantu disinilah yang mengundang orang lihat. Nah… soal makhluk halus di Lawang Sewu ini, Ibu Teni yang menjadi pemandu Tim Horison, mengaku tidak begitu percaya !

Terlepas dari benar tidaknya Lawang Sewu berhantu, potensi wisata bangunan tua berarsitektur indah itu tidak perlu diragukan. Apalagi Lawang Sewu sudah ditetapkan Pemerintah Semarang sebagai salah satu bangunan kuno atau bersejarah yang dilindungi. Sehingga tentunya layak mendapat perlakuan sebagai sebuah warisan yang meski dijaga kelestariannya. Soal cerita hantu, jadi daya tarik lain pastinya.

Sumber: Indosiar.com

One thought on “Malam Minggu di Lawang Sewu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.