Melihat Orang Utan di Taman Nasional Kutai

ORANG utan merupakan satwa yang semakin terancam keberadaanya. Namun, Anda masih bisa melihat kehidupan hewan eksotis ini di Taman Nasional Kutai (TNK). Taman nasional ini merupakan hutan tropis dataran rendah di Kalimantan Timur.

Di TNK, keberadaan orang utan (pongo pygmeus) bisa Anda temui di Prevab. Di sini, Anda bisa melihat secara langsung kehidupan mereka di habitat asli yang saat ini masih dalam proses restorasi setelah kebakaran hutan pada 1997-1998.

Diantara ranting-ranting pohon yang kuat, Anda akan melihat orang utan sedang bergelantungan. Di antara mereka ada juga yang sedang menggendong anaknya. Ini adalah pemandangan langka dimana eksistensi orang utan semakin terpinggirkan oleh aktifitas penduduk yang mulai merangsek ke kawasan taman nasional.

Selain Prevab, wilayah lain yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Sangkima. Kedua lokasi ini adalah tempat terpopuler di TNK. Untuk memasuki wilayah Prevab dan Sangkima, Anda dikenakan biaya masuk Rp1. 500 sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan Rp15 ribu.

Selain orang utan, TNK juga memberikan peluang pada Anda untuk melihat berbagai keanekaragaman hayati dan vegetasi di lahan seluas 198.629 hektare. Ini menjadi tujuan besar untuk pecinta alam lokal maupun asing.

Kayu-kayu meranti, campuran Dipterocarpaceae, bakau dan kerangsa adalah jenis vegetasi yang akan Anda temukan di taman nasional ini. Saat ini, sekitar 900 jenis vegetasi di taman telah diidentifikasi.

Bila ingin melihat pohon kayu besi (Eusideroxylon zwageri) dengan diameter 2,47 meter atau berjalan melewati jembatan gantung, Anda bisa berkunjung ke Sangkima.

Resor Sangkima dapat diakses dengan mobil atau minibus dari rute Bontang-Sangatta sedangkan resor Prevab yang terletak dekat desa Swarga Bara, harus diakses menggunakan perahu motor dari Sangatta tepatnya di jembatan Pinang.

Perjalanan menggunakan perahu motor menuju Prevab membutuhkan waktu 1 jam namun jika dari Pangkalan Kabo Jaya, perjalanan melalui sungai hanya akan memakan waktu 20 menit.

Jika berangkat dari Balikpapan, Anda dapat naik taksi ke Sangatta dengan biaya Rp900 ribu-Rp1 juta. Bila dari Samarinda, bis jurusan Bontang-Sangatta juga tersedia. Dengan menggunakan bis ini, Anda dapat mencapai resor Sangkima.

Untuk memasukinya TNK yang terletak di Kutai Timur, Anda terlebih dahulu harus melapor ke balai Taman Nasional Kutai di jalan Awang Long, Pos Box I, Bontang atau Divisi Manajemen Taman Nasional Sangatta di Jalan Dr. Sutomo no. S-27 Swarga Bara, Sangatta, guna mendapatkan lisensi untuk masuk kawasan konservasi.(*/X-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.