Melongok Akuarium Raksasa

Taman wisata Purbasari, Pancuran Mas ini, diresmikan Bupati Purbalingga, 4 Juni 2001. Terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga, atau sekitar 5 kilometer kearah barat laut Kota Purbalingga.

Obyek wisata ini mirip Sea World, dunia laut di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Bedanya, ikan-ikan yang ada di Purbayasa, semuanya jenis ikan air tawar. Sehingga, ada yang menamai juga obyek wisata air itu, River World Mini.

Ada juga yang menyebut obyek wisata yang berada di lereng Gunung Slamet itu, sebagai akuarium raksasa.

Pada musim liburan, obyek wisata Purbasari, Pancuran Mas ini, dibanjiri pengunjung. Yang menarik, ditempat ini terdapat ikan langka seperti araphaimagigas, yang berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan.

Juga, sejumlah ikan lain yang tidak bisa ditemukan di Indonesia, seperti ikan piranha, reptilkeptis atau lele belang dari perairan Afrika, ikan komet dan ikan koi, dari Jepang.

Pada masa liburan akhir tahun lalu, jumlah pengunjung meningkat drastis, mencapai 5 ribu wisatawan perhari.

Wisata ini juga sangat cocok bagi siswa sekolah. Untuk menjangkau obyek wisata Taman Akurium Purbasari Pancuran Mas itu, cukup mudah. Dari terminal Purbalingga, pengunjung bisa menggunakan angkutan pedesaan hingga sampai ke lokasi.

Sumber: Indosiar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.