Mengenal Gunung Slamet

Kaldera Gunung Slamet
Kaldera Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Untuk menuju puncak Gunung Slamet ada 3 jalur, lewat jalur sebelah Barat (Guci), lewat Batu Raden dan lewat Bambangan, dari ketiga jalur tersebut yang terdekat adalah lewat Bambangan.

Menuju Bambangan, dimulai dari Puwokerto ke arah Purbalingga dan dilanjutkan ke Bobotsari. Dari Bobotsari menuju desa penjangan dengan menggunakan Truk (angdes) melalui desa-desa yang dikelilingi oleh pepohonan. Desa Penjangan merupakan desa terakhir yang dapat dicapai dengan kendaraan. Dari desa Penjangan, kita menuju Bambangan yang dapat ditempuh selama 1 jam. Di Bambangan terdapat pos penerangan, dimana petugas jaganya merangkap sebagai pemandu pendakian dan tempat ini dapat pula dipergunanakan untuk beristirahat bagi para pendaki.

Bila kita ingin berkemah di tengah perjalanan, perlu mendapatkan ijin dari petugas Pesanggrahan PERHUTANI Serang (Bambangan). Dan kalau kita naik sedikit lagi, akan menjumpai sebuah pondok besar dan sekitar tempat ini kita juga bisa bermalam.

Berjalan ke arah kanan, kita akan melewati kebun sayur dan hutan pinus, bila naik terus akan masuk ke dalam hutan tropika yang indah. Sebelum sampai di Samarantu pada ketinggian 2.900 m, ada sebuah bangku untuk istirahat dan juga terdapat sebuah pondok pos IV, yang pada umumnya para pendaki beristirahat dan bermalam serta di sini tersedia air bersih.

Bila naik terus selama 1 jam lagi, kita akan sampai di Sampiyan Jampang, inilah batas antara hutan terakhir dan dari sini kita dapat melihat matahari terbit. Dari Sampiyan Jampang perjalanan menuju puncak ditempuh dalam waktu 1 jam dengan melalui batu-batu sedimentasi lahar dan magma.

Setelah kita tiba di puncak, akan terlihat hamparan padang lahar yang sungguh luas dan menakjubkan, kita dapat menyaksikan pemandangan yang eksotis ke arah kawah yang masih aktif. Ledakan besar pada kawah ini terjadi pada tanggal 13 juli 1988.

Pendakian dari Bambangan ke Samarantu memerlukan waktu 6 jam, dari Samarantu menuju puncak G. Salmet 2 jam lagi dan untuk turunnya diperlukan waktu kurang lebih 4 jam. Sedangkan apabila kita ingin menuju jalur lain, misalnya Guci (lihat kompas 310 derajat), pendaki harus melewati kompleks kawah untuk memilih jalur yang diinginkan.

One thought on “Mengenal Gunung Slamet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.