Mengunjungi Museum Bagi Pecinta Seni Lukis

BAGI Anda pecinta seni lukis, mungkin tak asing dengan nama Affandi, seorang maestro lukis yang kerap mengadakan pameran lukisan ke berbagai penjuru dunia dan karyanya sering menerima berbagai penghargaan.

Bila ingin melihat sejumlah koleksi lukisannya, Anda bisa mengunjungi Museum Affandi yang terletak di Jalan Laksda Adi Sucipto No. 167, Depok, Sleman, Yogyakarta. Sebanyak 1.000 koleksi lukisan dipajang dan sekitar 300 diantaranya merupakan karya Affandi sendiri.

Museum terbagi menjadi empat galeri, yaitu Galeri I, Galeri II, Galeri III dan Galeri IV. Kesemua galeri berarsitektur serupa namun terdapat perbedaan dari segi penataan yang memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri.

Tak hanya sekedar menampilkan lukisan karya sang maesto dan pelukis kenamaan lainnya, museum juga menjadi tempat untuk pelaksanaan beberapa kegiatan seni lukis dan pameran yang rutin. Misalnya Pameran Lukisan Tonny Holsbergen (setiap Februari), Haul Almarhum Affandi (23 Mei), Pameran Sorrandu (Juni-Juli), Pameran Tunggal Kartika Affandi (November).

Fasilitas pendukung museum antara lain perpustakaan, mushola, toilet, kolam renang, menara pandang, rumah panggung, gerobak, galeri pertunjukan (indoor dan outdoor), pemandu (guide), ruang pertemuan, ruang pertunjukan, toko souvenir, Kafe Loteng dan Sanggar Gajah Wong.

Bila ingin melihat proses sang maestro berkarya, pengunjung bisa meminta pihak pengelola untuk memutarkan video/CD yang menayangkan bagaimana Affandi melukis menggunakan media dan alat beragam.

Museum buka pada hari Senin-Minggu dan tutup pada hari besar, kecuali sebelumnya sudah melakukan reservasi ke pengelola. Senin-Sabtu buka pukul 09.00-16.00 WIB, sedangkan hari Minggu pada pukul 09.00-13.00 WIB. (jogjatrip.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *