Menikmati Kesenian Tanah Air di Taman Budaya Yogyakarta

ANTARA/WAHYU PUTRO A

BAGI Anda pecinta dunia seni berkunjunglah ke Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Ini merupakan tempat pertunjukan yang memfasilitasi bermacam kegiatan seni budaya, seperti pameran seni rupa, pementasan teater, diskusi sastra, pembacaan puisi, dan festival kesenian.

Kompleks bangunan TBY terbagi menjadi dua bangunan, yakni Concert Hall Taman Budaya dan Gedung Societet Militair.

Pada Concert Hall terdapat ruangan yang digunakan untuk menyelenggarakan pameran seni rupa, seperti seni lukis, seni grafis, seni patung, seni kriya dan kerajinan. Tempat ini juga berfungsi sebagai ruang diskusi sastra, pembacaan puisi, serta ruang pelatihan seni.

Sedangkan Gedung Societet Militair khusus difungsikan untuk ruang pertunjukan seperti musik (tradisional dan modern), teater, ketoprak, wayang, tari dan lainnya. Ruangannya berkapasitas 500 penonton dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti panggung pertunjukan dan alat pencahayaan yang baik.

Letak TBY sangat mudah dijangkau karena berada di jantung Kota Yogyakarta. TBY buka setiap hari Senin-Minggu pada pukul 09.00-21.00 WIB. Untuk fasilitas pendukungnya terdapat perpustakaan, mushola, toilet, kafe dan tempat parkir yang luas.

Ayo dukung kesenian dalam negeri dengan menyaksikan karya-karya seni anak bangsa melalui serangkaian kegiatan yang dilangsungkan di TBY yang kini menjadi “The Window of Yogyakarta”. (jogjatrip.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *