Menikmati Mentari Terbenam di Pinggir Pantai Pasir Panjang

PANTAI Pasir Panjang menjadi ikon pariwisata Kota Singkawang dan salah satu objek wisata andalan Provinsi Kalimantan Barat yang kini dikembangkan menjadi sebuah paket wisata terpadu bernama Taman Pasir Panjang Indah (TPPI). Penamaan pantai yang unik dikarenakan pantainya membentang panjang melengkung mengikuti laut lepas.

Satu keunikan pantai adalah saat menikmati hamparan laut biru, samar-samar dari kejauhan terlihat panorama beberapa pulau seperti Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dipagari perairan Laut Natuna.

Kondisi air laut di Pantai Pasir Panjang sangat jernih, bersih, dan terdapat banyak ikan sehingga cocok untuk Anda yang ingin berenang, menyelam, dan memancing. Ombaknya yang cukup besar bisa menjadi medan tantangan bagi para peselancar.

Pasir pantainya yang luas dan bersih membuat kawasannya nyaman digunakan untuk aktivitas seperti berjemur, main voli atau sepak bola pantai.

Saat mentari terbenam, pengunjung bisa menikmatinya dari pinggir pantai atau melalui pondok-pondok wisata yang banyak dijumpai pada kawasannya. Tak jauh dari pantai terdapat kampung nelayan yang bisa disambangi jika ingin mengetahui kehidupan masyarakatnya.

Kawasan pantai dilengkapi dengan pusat informasi pariwisata, persewaan speed boat, sepeda air, darmoling, gokart, shelter-shelter, pondok wisata, toko souvenir, dan arena bermain anak-anak.

Jika ingin bersantap terdapat restoran, kafe, warung makan, dan pedagang asongan. Sementara bila hendak bermalam tersedia wisma dan hotel ragam tipe pada kawasannya.

Pantai Pasir Panjang berlokasi di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, skeitar 142 km dari kota Pontianak. (pasirpantai.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.