Menikmati Surga Bawah Laut Pulau Menjangan

SAAT berlibur di Bali sempatkan diri Anda berkunjung ke Pulau Menjangan yang kerap dijadikan sebagai tempat favorit wisatawan karena pemandangan biota bawah lautnya yang begitu indah. Konon keindahannya termasuk salah satu yang terindah di dunia.

Keindahan karangnya mampu menarik wisatawan untuk melakukan penyelaman, khususnya wisatawan asing.Biasanya wisatawan menyebrang ke Pulau Menjangan di pagi hari dan kembali ke Pulau Bali pada sore hari menggunakan perahu motor dengan waktu sekitar 30 menit.

Bila ingin menyelam untuk menikmati kehidupan bawah laut namun belum pernah melakukan penyelaman sebelumnya, tersedia pemandu menyelam yang sudah berpengalaman.

Sebagian besar wisatawan berasal dari Eropa, seperti Belanda dan Prancis dan sebagian lainnya dari Asia seperti Korea dan Jepang. Untuk wisatawan domestik jarang ditemukan. Wisatawan lokal yang datang biasanya tidak menyelam, hanya sekedar menikmati keindahan bawah laut dari atas perahu yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawahnya.

Penamaan pulau dikarekan banyak dijumpai hewan menjangan di kawasannya. Namun sayangnya populasi mereka berkurang akibat perburuan tak bertanggung jawab. Sebagai upaya melindungi habitatnya pemerintah setempat melakukan konservasi dengan memasukan Pulau Menjangan kedalam zona Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Pulau Menjangan bisa digapai melalui Labuhan Lalang yang menjadi tempat penyeberangn. Anda bisa menyewa sebuah perahu selama lima jam dengan harga sekitar Rp 250.000. Kapasitas perahu adalah 12 orang. Bagian bawah perahu terbuat dari kaca sehingga anda bisa menikmati keindahan bawah laut selama perjalanan. (*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *