Museum Balla Lompoa

Balla Lompoa dalam bahasa Makassar berarti Rumah Besar. Museum yang menyimpan benda-benda Kerajaan Gowa ini adalah rekontruksi dari istana Kerajaan Gowa.

Arsitektur bangunan dalam komplek seluas satu hektar ini berbentuk rumah panggung, khas masyarakat Bugis. Bangunan museum ini seluruhnya terbuat dari kayu ulin atau kayu besi.

Museum yang berada di Kota Sungguminasa, Sulawesi Selatan ini, menyimpan sekitar 140 koleksi benda-benda kerajaan, seperti mahkota, gelang, kancing, kalung, keris dan benda-benda lain yang umumnya terbuat dari emas murni dan dihiasi berlian, batu ruby, dan permata. Alat perang, seperti tombak dan meriam kuno juga menjadi koleksinya.

Untuk melengkapi pejalanan wisata sebaiknya juga mendatangi makam Sultan Hasanuddin di komplek pemakaman raja-raja Gowa di Katangka Somba Opu Gowa.

Pahlawan nasional ini terkenal keberaniannya menentang penjajahan. Karena keberaniannya beliau mendapatjulukan dari kaum penjajah sebagai De Haantjes van Het Oosten atau Ayam Jantan dari Benua Timur.

Sumber: Majalah Travel Club

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *