Museum Kereta Keraton

museum kereta keratonPandangan depan bangunan ini ibarat jet tempur F.16 buatan Amerika yang akan leading atau atau take off dari landasan kapal induk untuk melakukan pengeboman ke sasaran-saran di Bagdad dan Kuwait. Berseberangan dengan Bangsal Pagelaran, tepatnya disebelah Barat jalan Rotowijayan dan tidak sulit untuk dijangkau waisatawan. Cukup ditempuh dengan jalan kaki setelah kita kunjungi Bangsal Pagelaran dan Bangsal Sitihinggil, sebelum menuju ke Pusat Kraton.

Berbeda dengan koleksi museum yang lainnya yang dimiliki Kraton. Koleksi museum inidikhususkan untuk jasa angkutan yang pernah digunakan Sultan-Sultan Yogyakarta dan kerabat kraton dalam segala macam kegiatan. Terutama upacara penobatan Sultan, kirap (pawai) keliling kraton dengan kereta dan mengantar jenazah Sultan sampai peristirahatan terakhir raja-raja di Imogiri Kabupaten Bantul.

Bangunan yang mirip dengan pesawat F.16 dengan sayap melebar tentu berpengaruh terhadap pengaturan ruangannya. Loket pelayanan ticket tepat di pintu masuk, dan ticketnyapun pasti terjangkau oleh setiap pengunjung.

Koleksi Kereta Kraton :

Kereta Kyai Jaladara
dipergunakan Sri Sultan Hamengku Buwono IV, untuk tugas inspeksi ke desa-desa. Buatan Perancis (LABOURDDETTE) Tahun 1818.

Kereta Kutaka Kaharjo
Pada masa Pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, sering dipergunakan pageran-pangeran dan dibuat Jerman Tahun 1927

Kereta Kyai Manda Juwala
Dipergunakan Pangeran Diponegoro untuk sowan ke kraton dari tegalrejo, buatan Inggris tahun 1800

Kereta Kyai Kanjeng Nyai Jimad
Dipergunakan sejak Sri Sultan Hamengku Buwono I sampai III, khusus untuk upacara kebesaran (grebeg) dan menjemput tamu-tamu jenderal, buatan Belanda tahun 1750.

Kereta Kyai Garuda Yeksa
Dipergunakan untuk penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono VI sampai dengan X, butan Belanda tahun 1861

Kereta Kyai Harsunaga
Dipergunakan Sri Sultan Hamengku Buwono VI sampai dengan VIII, untuk menonton pacuan kuda buatan Belanda tahun 1870.

Kereta Landower Wisman
digunakan Bupati Kraton, buatan tahun 1938

Kereta Janasah
Untuk mengantar janasah Sri Sultan, kepemakaman raja-raja di Imogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *