Home » DI Yogyakarta

Nikmati Kereta Kelinci di Kaliurang

27 January 2012 DI Yogyakarta 2,354 views No CommentPrint This Post PRINTEmail This Post EMAIL

OBJEK wisata Kaliurang di kawasan selatan kaki Gunung Merapi, sampai saat ini masih diminati keluarga. “Objek wisata yang berjarak 30 kilometer ke arah utara dari pusat Kota Yogyakarta itu, setiap hari libur panjang akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik,” kata Ketua Asosiasi Perhotelan Kaliurang (Aspek), Christian Awuy kemarin.

Menurutnya, objek wisata perbukitan di wilayah Dusun Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu, masih menjadi pilihan utama wisatawan terutama keluarga.

“Bagi wisatawan, banyak pilihan untuk menikmati liburan bersama keluarga di tempat ini. Mulai dari menyewa hotel, menikmati menu khas makanan seperti jadah dan tempe, pisang emas hingga aktivitas olah raga trekking yang menantang,” katanya.

Ia menyatakan optimistis objek wisata Kaliurang masih bisa eksis dan bertahan, karena daya tariknya tidak hanya pada hawa sejuk dan panorama alam yang indah, tetapi juga suasana lingkungan dan alam pedesaan yang menjadi pilihan tersendiri bagi wisatawan.

“Bagi orang kota terutama yang hari-harinya selalu disibukkan dengan pekerjaan rutin, berlibur ke Kaliurang tentu terasa mengasyikkan, sekaligus menyegarkan fisik dan pikiran,” katanya.

Meningkatnya jumlah pengunjung Kaliurang menurut Christian diharapkan berdampak pada peningkatan tingkat hunian sekitar 250 hotel terdiri kelas bintang, melati maupun pondok wisata.

Fasilitas di Kaliurang
Fasilitas di objek wisata ini di antaranya taman rekreasi seluas 10.000 meter persegi yang dilengkapi taman bermain anak-anak, dan kolam renang mini.

Selain itu, juga tersedia gardu pandang untuk melihat puncak Gunung Merapi, dan bumi perkemahan. Di kawasan Kaliurang juga terdapat Taman Wisata Bukit Plawangan dan Bukit Turgo. Di dekat Taman Wisata Bukit Plawangan terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya dari mata air lereng bukit itu.

Untuk menikmati pemandangan di Kaliurang, wisatawan bisa berkeliling menggunakan kereta mini atau yang dikenal dengan sebutan “kereta kelinci”. Kereta tersebut melewati gardu pandang di pinggir Kali Boyong atau di sisi barat kawasan Kaliurang. Dari gardu pandang itu wisatawan bisa melihat dengan jelas puncak Gunung Merapi pada saat cuaca cerah. (Ant/*/OL-08)

Be Sociable, Share!


Artikel Terkait:

  • Tetirah di Lereng Gunung Merapi
    [ Tuesday, 4 May 2010 - 7 : 57 | 1 comments | 2980 views ]
    Semula kawasan ini tempat peristirahatan para ahli geologi Belanda. Sekarang, keindahan alam dan kesejukan udara Kaliurang dapat dinikmati siapapun. Beberapa ahli geologi Belanda yang bermukim di Yogyakarta, melakukan ekspedisi ke arah utara kota. Ekspedisi dilakukan untuk mencari daerah berudara sejuk yang...
  • Perpaduan Sempurna di Pantai Pelang
    [ Saturday, 5 May 2012 - 15 : 26 | 1 comments | 3893 views ]
    SEBUAH perpaduan alam sempurna, berupa bukit, hamparan pasir, dan rerumputan bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Pantai Pelang. Wisatawan tak hanya bisa menikmati indahnya deburan ombak, tapi juga panorama pegunungan dengan hutan yang rimbun. Letak pantai ada di Desa Wonocoyo, Kecamatan...
  • Mengagumi Keelokan Alam Selo
    [ Sunday, 12 Dec 2010 - 19 : 05 | 0 comments | 3036 views ]
    Jalur wisata Solo-Selo-Borobudur, dikenal sebagai jalur SSB atau Sasebo diresmikan pada 17 Oktober 2002. Diharapkan wisata agro di sekitar Selo bakal makin populer. Dan juga para wisatawan makin memahami bahwa Borobudur, Candi Buddha terbesar sejagad dan salah satu warisan dunia...
  • Berburu Salak Pondoh di Sleman
    [ Wednesday, 11 Jan 2012 - 9 : 54 | 0 comments | 2247 views ]
    SALAK pondoh adalah salah satu buah yang ada di Indonesia. Kulitnya yang bersisik dan berwarna hitam kecoklatan, menjadi pembungkus daging buah yang manis dan cukup segar. Untuk menemukannya, Anda bisa pergi ke Turi, Kabupaten Sleman, sekitar 30 menit dari pusat kota...
  • Puncak Merapi
    [ Thursday, 28 Oct 2010 - 19 : 11 | 0 comments | 5203 views ]
    Asap Gunung Merapi saat Erupsi 26 Oktober 2010 dari Desa Cangkringan (REUTERS/Dwi Oblo) Gunung Merapi, merupakan satu – satunya gunung berapi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya lebih kurang 30 kilometer, disebelah Utara kota Yogyakarta dan puncaknya berupa dataran pasir yang tidak...


Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (1)



Have your say!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>