Pantai Sawarna: Keindahan Tersembunyi di Banten

PANTAI Sawarna merupakan sebuah keindahan tersimpan di Provinsi Banten yang berada di desa pesisir dengan ragam objek wisata menarik. Sawarna merupakan pantai paling memukau dari lima pantai di Banten. Panjang pantai mencapai 65 km yang dihiasi dengan pasir putih, air laut biru yang jernih, serta barisan bukit hijau.

Para pecinta kegiatan berselancar dan surfing, kerap berdatangan ke kawasan pantai. Tak jarang pantai dikunjungi peselancar asing asal Amerika, Australia, Jepang dan Korea. Kondisi pantai masih terbilang asli dan jauh dari kata tercemar.

Tak hanya keindahan pantainya yang memikat, pengunjung berkesempatan pula menikmati wisata gua, seperti goa Lalay, Sikadir, Cimaul, Singalong dan Bukit Pasir Tangkil. Goa di Sawarna berupa gua karst (batu gamping) yang terbentuk dari masa Miosen awal.

Salah satu daya tarik Sawarna yang tak kalah unik yakni wilayah pesisir pantai yang menyatu dengan kisah misteri Nyai Roro Kidul serta eksploitasi batu bara di Bayah dan Lebak oleh penjajah asing.

Letak pantai berada di wilayah Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sekitar 150 km dari pusat kota Rangkasbitung. Sebelum menuju pantai, terlebih dahulu pengunjung melewati Desa Wisata Sawarna. (indonesia.travel/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *