Pantai Wartawan, Objek Wisata Bernama Unik

SELAIN sebagai nama sebuah profesi, kata ‘wartawan’ ternyata digunakan sebagai nama untuk sebuah objek wisata pantai, yaitu Pantai Wartawan. Tahukah Anda mengapa pantai tersebut diberi nama seperti itu?

Konon, penamaannya dikarenakan kawasan wisata pantai dikelola oleh sekumpulan warga lokal yang memang berprofesi sebagai wartawan sehingga disepakati bersama pantai tersebut di beri nama Pantai Wartawan.

Objek wisata Pantai Wartawan berlokasi di Way Muli, 14 Km dari Kalianda dan 30 km dari simpang Gayam pada jalur Bakauheni, Bandar Lampung. Letaknya ada di areal sempit antara jalan lingkar Gunung Rajabasa, lereng gunung dan laut.

Sebuah sumber air panas bisa dijumpai dikawasan Pantai Wartawan, tepatnya di sisi pantai karang kaki bukit Gunung Botak yang tak henti menghasilkan uap panas dengan suhu air laut mencapai 80 s/d 100 C.

Bukit Gunung Botak berada tepat di kawasan pasang surut dengan ketinggian mencapai 50 m. Dari atas bukitnya wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat indah.

Besar harapan keberadaan pantai dan daerah sekitarnya yang memiliki pemandangan mengarah ke gugusan Krakatau mampu berkembang menjadi Desa Wisata. (wisatanesia.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.