Pemandangan Memikat di Pantai Sundak

Pantai Sundak memang kalah terkenalnya dengan Pantai Depok atau Pantai Baron di Yogyakarta. Namun, kecantikan Pantai Sundak berhasil memikat banyak wisatawan untuk menginjak pasir putih dan laut jernihnya.

Siapa yang tidak kenal Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki berjuta pesona dengan banyak pantai indah di pesisirnya. Salah satunya yang mengundang perhatian para wisatawan adalah Pantai Sundak yang berada di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Konon katanya, berdasarkan cerita yang berkembang di tengah masyarakat, nama Sundak berasal dari perkelahian antara anjing yang dalam bahasa Jawa adalah asu dan landak. Maka kemudian, kedua binatang tersebut disingkat menjadi Sundak.

Terlepas dari sejarah yang dimilikinya, Pantai Sundak juga memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Maka tak heran jikan belakangan pantai ini menjadi wisata alam unggulan di Kabupaten Gunungkidul selain Pantai Depok, Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Indrayanti. Sulit untuk disangkal bahwa Pantai Sundak memang memiliki pemandangan yang luar biasa.

Kolaborasi antara pasir putih yang landai dan air laut yang jernih membuat daya tarik pantai ini. Berjalan menyusuri pantai menjadi kegiatan wajib di sini. Anda akan disuguhkan oleh bukit-bukit kapur yang eksotis. Saking bagusnya, tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Nah, di antara beberapa bukit kapur tersebut, salah satunya memiliki goa. Di dalam lubang besar, terdapat sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

Puas dengan batu kapur, berjalanlah sedikit ke arah laut. Jika air sedang bagus, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan alam bawah laut Pantai Sundak. Banyak ikan-ikan kecil yang bersembunyi di antara batu karang. Pemandangan berbeda bisa ditemukan jika Anda berani untuk mendaki bukit kapur setinggi 12 meter. Di pucak bukit tersebut tersaji pemandangan pantai yang benar-benar memesona. Garis pantai yang melengkung rapi menjadi bidikan apik para pecinta fotografi.

Pantai Sundak memang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, namun ombak di sini tidak seperti yang dimiliki di pantai selatan lainnya. Besar, tapi sangat mudah untuk ditaklukan. Banyak wisatawan yang ingin belajar surfing datang ke pantai ini. Jika ingin mencoba berselancar, Anda harus hati-hati. Batu-batu karang bisa saja mengancam keselamatan Anda.

Uniknya lagi, pantai ini dilengkapi dengan pepohonan yang teduh. Saat sore hari, biasanya wisatawan ramai duduk di bawah pohon untuk menanti sunset yang cantik. Walaupun pantai tidak menghadap ke arah barat, tapi pemandangan langit kuning keemasan di sore hari tetap terlihat cantik di tempat ini.

Belakangan wisatawan memang sudah mulai ramai, tapi Pantai Sundak masih terlihat bersih. Selain pengelola pantai, pengunjung juga diimbau untuk menjaga kebersihan pantai agar selalu terlihat bersih dan menjadi daya tarik Gunungkidul.

gambar: kocklokpariwisata.blogspot.com

Sumber: detikcom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.