Home » DI Yogyakarta

Pemandangan Memikat di Pantai Sundak

27 June 2012 DI Yogyakarta 3,941 views No CommentPrint This Post PRINTEmail This Post EMAIL

Pantai Sundak memang kalah terkenalnya dengan Pantai Depok atau Pantai Baron di Yogyakarta. Namun, kecantikan Pantai Sundak berhasil memikat banyak wisatawan untuk menginjak pasir putih dan laut jernihnya.

Siapa yang tidak kenal Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki berjuta pesona dengan banyak pantai indah di pesisirnya. Salah satunya yang mengundang perhatian para wisatawan adalah Pantai Sundak yang berada di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Konon katanya, berdasarkan cerita yang berkembang di tengah masyarakat, nama Sundak berasal dari perkelahian antara anjing yang dalam bahasa Jawa adalah asu dan landak. Maka kemudian, kedua binatang tersebut disingkat menjadi Sundak.

Terlepas dari sejarah yang dimilikinya, Pantai Sundak juga memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Maka tak heran jikan belakangan pantai ini menjadi wisata alam unggulan di Kabupaten Gunungkidul selain Pantai Depok, Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Indrayanti. Sulit untuk disangkal bahwa Pantai Sundak memang memiliki pemandangan yang luar biasa.

Kolaborasi antara pasir putih yang landai dan air laut yang jernih membuat daya tarik pantai ini. Berjalan menyusuri pantai menjadi kegiatan wajib di sini. Anda akan disuguhkan oleh bukit-bukit kapur yang eksotis. Saking bagusnya, tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Nah, di antara beberapa bukit kapur tersebut, salah satunya memiliki goa. Di dalam lubang besar, terdapat sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

Puas dengan batu kapur, berjalanlah sedikit ke arah laut. Jika air sedang bagus, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan alam bawah laut Pantai Sundak. Banyak ikan-ikan kecil yang bersembunyi di antara batu karang. Pemandangan berbeda bisa ditemukan jika Anda berani untuk mendaki bukit kapur setinggi 12 meter. Di pucak bukit tersebut tersaji pemandangan pantai yang benar-benar memesona. Garis pantai yang melengkung rapi menjadi bidikan apik para pecinta fotografi.

Pantai Sundak memang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, namun ombak di sini tidak seperti yang dimiliki di pantai selatan lainnya. Besar, tapi sangat mudah untuk ditaklukan. Banyak wisatawan yang ingin belajar surfing datang ke pantai ini. Jika ingin mencoba berselancar, Anda harus hati-hati. Batu-batu karang bisa saja mengancam keselamatan Anda.

Uniknya lagi, pantai ini dilengkapi dengan pepohonan yang teduh. Saat sore hari, biasanya wisatawan ramai duduk di bawah pohon untuk menanti sunset yang cantik. Walaupun pantai tidak menghadap ke arah barat, tapi pemandangan langit kuning keemasan di sore hari tetap terlihat cantik di tempat ini.

Belakangan wisatawan memang sudah mulai ramai, tapi Pantai Sundak masih terlihat bersih. Selain pengelola pantai, pengunjung juga diimbau untuk menjaga kebersihan pantai agar selalu terlihat bersih dan menjadi daya tarik Gunungkidul.

gambar: kocklokpariwisata.blogspot.com

Sumber: detikcom

Be Sociable, Share!


Artikel Terkait:

  • Makan Malam Romantis di Pantai Indrayanti
    [ Tuesday, 13 Mar 2012 - 7 : 09 | 0 comments | 2777 views ]
    TIDAK sekadar menawarkan pesona pantai berpasir putih dengan air lautnya yang jernih, di Pantai Indrayanti Anda bisa menikmati makan malam romantis di sebuah restoran yang berada di tepi pantai. Pantai Indrayanti terletak di sebelah timur Pantai Sundak, tepatnya di desa Tepus,...
  • Siapa Sangka, Pacitan Punya Sunset Secantik Ini
    [ Monday, 16 Sep 2013 - 10 : 33 | 0 comments | 2867 views ]
    Pantai Teleng Ria Berada di ujung selatan Jawa Timur, Pacitan punya pesona yang tak bisa dipandang sebelah mata. Di sana Anda bisa menyaksikan sunset cantik dengan matahari yang terlihat bulat dan jelas. Langit pun seketika berwarna kuning keemasan. Pacitan adalah kota kecil yang terletak...
  • Bisa Awet Muda jika Berkunjung ke Pantai Indah Popoh
    [ Friday, 30 Mar 2012 - 7 : 44 | 0 comments | 2861 views ]
    SAAT berkunjung ke Taman Wisata Indah Popohati, sempatkan waktu menghampiri Pantai Indah Popoh. Tak hanya pemandangannya yang indah, konon jika membasuh muka dengan air lautnya Anda bisa awet muda. Jika ingin merasakan kehebatan ombak laut, berjalanlah di sepanjang jalan setapak sejauh...
  • Perpaduan Sempurna di Pantai Pelang
    [ Saturday, 5 May 2012 - 15 : 26 | 1 comments | 3711 views ]
    SEBUAH perpaduan alam sempurna, berupa bukit, hamparan pasir, dan rerumputan bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Pantai Pelang. Wisatawan tak hanya bisa menikmati indahnya deburan ombak, tapi juga panorama pegunungan dengan hutan yang rimbun. Letak pantai ada di Desa Wonocoyo, Kecamatan...
  • Pantai Wartawan, Objek Wisata Bernama Unik
    [ Monday, 9 Jan 2012 - 11 : 30 | 0 comments | 1862 views ]
    SELAIN sebagai nama sebuah profesi, kata ‘wartawan’ ternyata digunakan sebagai nama untuk sebuah objek wisata pantai, yaitu Pantai Wartawan. Tahukah Anda mengapa pantai tersebut diberi nama seperti itu? Konon, penamaannya dikarenakan kawasan wisata pantai dikelola oleh sekumpulan warga lokal yang memang...


Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (10)



Have your say!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>