Pesona Danau Tondano

BAGI Anda yang berasal dari Manado atau Tomohon tentunya akrab dengan lokasi wisata Danau Tondano. Ya, danau ini memang menjadi salah satu wisata terkenal di Sulawesi Utara. Namun bila Anda tidak berasal dari daerah ini, cobalah berkunjung untuk melihat keindahan alam di sana.

Danau yang terletak 600 meter di atas permukaan laut dan mencakup wilayah 4.278 hektare ini terletak di desa Remboken, sekitar 3 kilometer dari kota Tomohon atau sekitar 30 kilometer dari Manado.

Dari kota Tomohon ke Danau Tondano diperlukan waktu sekitar satu jam menggunakan kendaraan melalui jalan berkelok-kelok. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau naik angkutan umum dari Manado atau Tomohon.

Sejak 2003 daerah ini dikelola oleh sektor swasta dan dikenal sebagai Sumaru Endo. Berbagai fasilitas wisata seperti bungalow, kolam renang dan restoran bisa Anda jumpai di sini. Ini memungkinkan Anda untuk menginap beberapa hari bila datang dari jauh.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan layanan sewa mobil, sewa peralatan renang dan sewa perahu untuk berkeliling di sekitar danau. Untuk berkeliling, Anda cukup membayar Rp50 ribu tetapi harus menunggu perahu terisi 10 penumpang.

Jalan-jalan di dekat danau juga menjadi kegiatan yang menyenangkan dalam udara yang dingin. Dari sisi danau di Toliang Oki, dan Tondano Pante Anda dapat melihat laut Maluku yang indah, di balik bukit Lembean. Biaya Masuk ke objek wisata ini adalah Rp 4 ribu.

Selain lokasi tepi, di tengah Danau Tondano juga ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Likri. Sayangnya, Anda tidak dapat berhenti di pulau itu karena perahu mengikuti rute yang berbeda.

Berbagai kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lihat di danau ini adalah kegiatan menangkap ikan nike yang dilakukan masyarakat setempat dengan menggunakan jaring menyerupai sendok yang dibentuk dari tongkat bambu di kedua sisinya.

Bila rencana liburan Anda belum tersusun, selipkanlah lokasi wisata Danau Tondano diantaranya. Dengan keindahan alam yang dikelilingi pegunungan hijau, Anda tidak akan merugi berkunjung ke sini.(*/X-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *