Pesona Pantai Belitung Timur

Dulu, orang hanya mengenal Pulau Belitung sebagai wilayah penghasil barang tambang seperti timah, pasir kuarsa, dan kaolin. Dibalik kekayaan sumber tambangnya itu, pulau yang terbagi dua kabupaten ini menyimpan pesona alam sebagai destinasi wisata idaman.

Travel Club berkesempatan menangkap dari dekat keindahan pantai di Kabupaten Belitung Timur ini. Jernih air laut dan buih ombak yang bertautan dengan lembut pasir pantai berwarna putih, menjadi untaian puisi yang membuai. Hijau pepohonan menghiasi tepian pantai-pantainya. Bagi Anda penyuka fotografi setiap sudut wilayah Beltim menawarkan obyek yang wajib diabadikan. Berikut Travel Club sajikan beberapa pantai indah sepanjang Kabupaten Laskar Pelangi.

Pantai Serdang
Terletak di Kecamatan Manggar, pasir pantainya putih dan halus, deretan pohon pinus mengiasi sisi pantai ini. Dengan karakteristik ombak yang tenang, Pantai Serdang sangat cocok sebagai obyek wisata untuk keluarga. Selain berenang menikmati segar air pantai, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah snorkeling sembari menikmati keindahan alam bawah air di pantai ini.

Pantai Nyiur Melambai
Pantai yang satu ini masih di Kecamatan Manggar, tepatnya berada di Desa Lalang. Hijau pepohonan di sekitar bibir pantai ini ibarat payung raksasa yang memberikan keteduhan bagi setiap pengunjung. Dengan ombak pantai yang sangat tenang, Pantai Nyiur Melambai menjadi tujuan favorit banyak wisatawan.

Kawasan pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung dan merupakan destinasi unggulan Kabupaten Belitung Timur. Pada akhir pekan, kawasan pantai ini menjadi tujuan masyarakat dari Kota Manggar dan sekitarnya untuk belibur. Beberapa fasilitas olahraga seperti lapangan futsal dan voli pantai tersedia pula di sini.

Pantai Keramat
Letaknya bersebelahan dengan Pantai Nyiur Metambai. Namun pantai ini tidak memiliki bibir pantai yang landai dengan hamparan pasir seperti tetangganya. Kontur dataran di tepian Pantai Keramat cenderung terjal. Pantai ini sangat cocok sebagai tempat bersantai menikmati air laut yang kebiruan dari ketinggian.

Beberapa saung permanen sudah dibangun di kawasan pantai ini sebagai tempat bersantai. Tak sulit untuk menjangkau kawasan ini, cukup lima menit perjalanan dari pusat Kota Manggar. Dari kawasan pantai ini pengunjung dapat melihat Pantai Nyiur Melambai dengan jelas.

Pantai Bukit Batu
Dengan ciri khas bebatuan besar yang menghiasi bibir pantai membuat pantai ini dinamai Pantai Bukit batu. Onggokan batu di pinggir hingga ke tengah seakan menjadi penghubung antara air dengan pasir di pantai. Keunikan pantai berarus tenang ini pun telah menarik hati banyak penyuka fotografi menangkap keindahan alam Bukit Batu. Bukit Batu berada di Desa Burung Mandi sekitar 18 km dari Kota Manggar. Untuk mencapai pantai ini hanya butuh waktu perjalanan sekitar 25 menit.

Pantai Burung Mandi
Pantai ini berjarak sekitar 18 km dari Ibukota Belitung Timur Pasir putihnya terhampar memanjang. Perahu-perahu nelayan yang bersandar dibibir pantai menambah keelokan panorama pantai. Selain banyak di kunjungi wisatawan yang ingin berenang, masyarakat Beltim menjadikan Pantai Burung Mandi sebagai lokasi memancing. Pantai ini telah dilengkapi fasilitas wisata yang relatif lengkap.

Pantai Punai
Pantai indah ini lokasinya berada di ujung paling selatan Pulau Belitung. Dari Kota Manggar berjarak sekitar 80 km. Air laut berwarna kebiruan dengan pasir pantai berwarna putih seakan menawarkan ketenangan bagi wisatawan yang mengunjunginya. Lambaian pohon kelapa setia menemani pengunjung di tepian pantainya. Pantai ini juga dihiasi batu-batu granit raksasa yang berdiri kokoh di pinggiran pantai.

Sumber: Majalah Travel Club

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *