Petualangan Menarik di Dekat Gunung Kelimutu

TUJUAN trekking kali ini adalah Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna air berbeda di kawasan gunung berapi Kelimutu, tepatnya di puncak Taman Nasional Kelimutu, Flores.

Untuk mencapai lokasi danau, Anda bisa berangkat dari kota kecil Moni atau dikenal sebagai basecamp para backpacker sekitar 12 km. Danau Tiwu Ata Mbupu berada paling barat, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai di tengah dan Tiwu Ata Polo di timur.

Warna masing-masing danau itu selalu berubah-ubah dan ketiga Danau Kelimutu diyakini memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat. Ini merupakan tempat bersemayamnya para roh.

Disini juga mudah ditemukan tikus-tikus gunung (Bunomys naso), banteng (Bos javanicus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak nainggolani), luwak (Pardofelis marmorata), trenggiling (Manis javanica), landak (Hystrix brachyura brachyura) dan kancil (Tragulus javanicus javanicus).

Meski danau ini indah, namun tidak semua daerah dapat dijelajahi. Pasalnya Kelimutu merupakan salah satu daerah yang berbahaya. Taman Nasional Kelimutu merupakan taman nasional terkecil dari enam taman nasional di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Beberapa tempat menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi di Flores adalah Blue Stone Beach, Situs Rumah Bekas Pembuangan Bung Karno dan pusat perbelanjaan kain di Pasar Ikat.(*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.