Pulau Asu, Daratan Terapung yang Cantik

BIASANYA, asu lekat sebagai kata umpatan atau cacian terhadap orang lain. Namun tak selamanya kata ini mempunyai konotasi negatif karena di Nias ada sebuah daratan terapung yang indah bernama Pulau Asu. Pulau terpencil ini termasuk dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia.

Pulau Asu yang mempunyai luas sekitar 18 kilometer persegi merupakan tempat yang pas untuk melepaskan diri dari rutinitas kehidupan kota. Situasi yang tenang, nyaman, serta keramahan warga setempat, akan membuat Anda betah berlama-lama. Selain itu Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berjemur, berenang, tracking keliling pulau, memancing, hingga surfing.

Mengenai pantai, tak usah lagi ditanyakan keindahannya. Pasir putihnya yang lembut berkilauan terlihat cantik menemani air laut yang jernih. Sejauh mata memandang, saat cuaca sedang cerah, hamparan langit biru semakin memperindah pemandangan.

Jika ingin menikmati petualangan yang berbeda, menjelajah pulau mungkin dapat menjadi pilihan yang patut dicoba. Anda dapat mengitari Pulau Asu dengan berjalan kaki mengikuti garis pantai. Di sepanjang jalan kemungkinan Anda akan menemukan daun subang-subang (scaveola tacada), penduduk lokal menyebutnya daun rafe-rafe. Daun yang berfungsi sebagai obat anti diabetes ini termasuk sulit ditemukan di tempat lain.

Setelah lelah mengitari Pulau Asu, Anda dapat kembali duduk di tepian pantai sembari menikmati senja, karena saat itu pemandangan akan semakin indah. Matahari yang berada di ufuk barat secara perlahan tenggelam ke dasar laut.

Bila memutuskan mengunjungi Pulau Asu pada liburan mendatang, Anda dapat menggunakan pesawat dari Bandara Polonia Medan ke Bandara Binaka, Gunung Sitoli, Kabupaten Nias.

Dari Gunung Sitoli Anda melanjutkan perjalanan ke Sirombu, perjalanan ini memakan waktu 1-2 jam. Dari Sirombu ada dua pilihan untuk menuju ke Pulau Asu. Anda dapat menumpang kapal reguler atau menggunakan speed boat. Jika menggunakan kapal reguler, Anda hanya membayar Rp30 ribu per orang dengan waktu tempuh 2 jam.

Lain halnya jika menggunakan speed boat, Anda hanya memerlukan waktu 40 menit, dengan biaya Rp100.000,00 per orang (Oktober 2008).

Meskipun lokasinya terpencil, Pulau Asu memiliki beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati. Di pulau ini terdapat beberapa kompleks cottage sederhana. Masing-masing kompleks terdiri dari 5-6 unit rumah panggung. Harga sewa bervariasi tergantung dari pintar-pintarnya Anda menawar. (wisatamelayu/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *