Pulau Bulupoloe Menjadi Spot Pilihan Penyelam

MUNGKIN tidak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, memiliki objek wisata alam indah yang berpotensi menjadi ikon pariwisara, yakni Pulau Bulupoloe. Keindahan panorama pegunungan dan baharinya menjadi daya pikat utama pulau ini.

Selain pantai berpasir putih yang mengitari pulau, nilai tambah pulau Bulupoloe adalah keberadaan sumber-sumber air tawar di tempat-tempat tertentu.

Kondisi pantai yang nampak begitu alami dan belum terkontaminasi turut menambah pesona laut Pulau Bulupoloe. Air lautnya yang jernih berisikan ragam biota laut mengagumkan, seperti terumbu karang dan ikan warna-warni. Tak heran kawasannya menjadi pilihan bagi para penyelam serta menjadi tempat bagi mereka yang hobi memancing.

Pada kawasan pulau bisa dijumpai sejumlah restoran-restoran yang menghidangkan kuliner tradisional khas Kabupaten Luwu Timur, seperti lobster bakar dan ikan kerapu asli Pulau Bulupoloe. Jika ingin bermalam tersedia penginapan mulai dari losmen hingga hotel.

Pulau Bulupoloe berjarak sekitar 500km dari Kota Makassar. Jika ingin menggapainya menggunakan jalur darat membutuhkan waktu sekitar 8-10 jam dari Makassar menuju Malili, ibu kota Kabupaten Luwu Timur. Sementara dari udara butuh waktu sekitar 1-1,5 jam dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Selanjutnya dari Malili, perjalanan menuju Pulau Bulupoloe diteruskan melalui jalur laut menggunakan perahu dari Pelabuhan Balantang, Malili, dengan durasi sekitar dua jam. (wisatamelayu.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.