Pulau Cilik, Pulau Mungil dengan Sejuta Keindahan

PULAU Cilik merupakan surga tersembunyi di Laut Jawa yang keindahannya sayang jika dilewatkan. Sesuai dengan namanya, pulau memang memiliki luas yang minim, yakni sekitar 2 hektar. Letak pulau ada di sebelah timur laut Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah. Hamparan pasir putih dengan air laut yang jernih siap menyambut kehadiran Anda.

Pada tepian pantai terdapat sebuah dermaga kayu yang dibangun sebagai tempat bagi perahu yang hendak merapat. Perairan di bawah dermaga sangatlah jernih sehingga saat berjalan melintasi atas dermaga, nampak jelas ragam spesies ikan yang sedang hilir-mudik.

Saat berjalan menyusuri garis pantai berpasir putih, Anda bisa menjumpai gosong memanjang di bagian belakang pulau. Penduduk Karimunjawa menyebut daratan pasir tanpa vegetasi dengan istilah gosong atau gosongan. Tak dijumpai tanah sedikitpun pada gosong di Pulau Cilik, hanya ada pasir putih yang lembut.

Pemandangan bawah laut pulau juga tak kalah menarik untuk dijelajahi. Anda bisa menjumpai sekelompok angelfish atau ikan layaran. Jika menyelam sedikit lebih dalam, Anda akan menemukan terumbu karang penuh warna.

Sayangnya pada bagian tertentu nampak sederetan terumbu karang yang memutih dan mati dikarenakan pengaruh global warming dan naiknya suhu air laut. Hilangnya alga Zooxanthellae yang bersimbiosis dengan terumbu karang juga mengakibatkan karang perlahan mati.

Namun uniknya di antara terumbu karang yang mati, hidup serumpun anemone yang tumbuh dengan subur. Tak sedikit ada ikan-ikan badut (clownfish) yang bersembunyi di balik tentakel anemone. (*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.