Pulau Lepar dan Pongok, Dua Pulau Indah di Babel

SERPIHAN keindahan kepulauan Bangka Belitung yang terkenal sebagai tempat wisata alami yang menghadirkan nuansa ketenangan, bisa dijumpai di Pulau Lepar yang berlokasi di kecamatan Lepar Pongok, kabupaten Bangka Selatan.

Luas Pulau Lepar sekitar 25.000 hektar dan merupakan pulau terbesar di kabupaten Bangka Selatan. Topografinya datar dan banyak terdapat daerah berbukit. Pemandangan paling unik adalah keberadaan satu kawasan, desa Tanjung Labu, yang dipenuhi terumbu karang, dimana banyak dijumpai rumah warga menggunakan karang sebagai pondasi rumah.

Keindahan pulau disempurnakan dengan Pantai Tanjung Labu yang merupakan destinasi wisata popular di Bangka. Tak hanya bisa menikmati pasir putih pantai, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan bebatuan granit yang tersebar di pantai.

Jika ingin berpetualang, wisatawan bisa meneruskan perjalanan menuju pulau Pongok. Letaknya tak terlalu jauh dari Pulau Lepar. Pulau bisa digapai menggunakan perahu dengan durasi sekitar satu hingga dua jam. Dari kejauhan pulau nampak seperti area perbukitan dengan pepohonan hijau.

Panorama dasar laut Pulau Pongok terbilang unik. Terdapat banyak bangkai kapal yang telah karam sejak puluhan hingga ratusan tahun silam. Beberapa bangkai kapal terlihat masih utuh beserta barang dagangan berupa aneka ragam keramik.

Bangkai kapal menjadi tempat kehidupan terumbu karang dan rumah bagi ikan. Wisatawan bisa menyelam untuk menyaksikan langsung beragam macam bangkai kapal yang nampak layaknya museum bawah laut. (pulau.org/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *