Pulau Poncan Gadan, Destinasi Favorit di Sibolga

wisatanesia.com

SAAT berada di Kota Sibolga jangan lupa singgah ke Pulau Poncan Gadang. Pulau ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Air lautnya belum tercemar sehingga masih nampak sangat jernih. Saat berendam pengunjung bisa melihat terumbu karang di dasar laut.

Selain memancing dan berenang, menyelam menjadi kegiatan favorit karena pesona aneka biota lautnya sangat memukau. Keindahannya tak kalah dengan Pantai Bunaken di Manado, dan daerah lainnya. Selain hari besar, pada hari-hari biasa maupun hari Minggu pulau juga ramai dikunjungi pengunjung.

Dulunya pulau ini dijadikan sebagai tempat persembunyikan bagi tentara Jepang dan di kawasannya terdapat goa yang cukup panjang, namun tak pernah dimasuki masyarakat.

Wisatawan lokal yang sering berkunjung biasanya berasal dari Sibolga, Padang Sidempuan, Medan, Jakarta dan Surabaya. Sedangkan wisatawan mancanegara yang banyak dijumpai berasal dari Belanda, Australia, Inggris, Malaysia, Singapura dan beberapa negara Eropa.

Jarak pulau sekitar 3 mil dari pantai Sibolga atau 364 km arah timur Kota Medan. Pulau bisa digapai menggunakan kapal pukat cincin yang biasa dijumpai di gudang-gudang tangkapan ikan di Pelabuhan Sambas Sibolga. Ongkos kapal sekitar Rp 10.000 s/d Rp 15.000/orang. Durasi perjalanan sekitar satu jam. (*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.