Pulau Satonda, Satu yang Terbaik di NTB

KECANTIKAN Pulau Satonda menjadikannya sebagai destinasi terbaik di Pulau Sumbawa, NTB, selain Tambora dan Moyo. Pulau mungil tak berpenghuni ini merupakan objek wisata yang berhasil menarik banyak wisatawan, setiap minggunya banyak kapal pesiar berdatangan dari Bali dan Lombok.

Satonda dipisahkan oleh selat sempit dari Tambora dan menjadi situs letusan gunung berapi terbesar dan paling menghancurkan dalam sejarah. Satonda merupakan pulau vulkanik yang muncul dari kedalaman ribuan meter.

Satu keunikan pulau adalah danau di kawasan pulau nampak seperti angka delapan. Tak sedikit wisatawan yang datang berenang di danau. Terumbu karangnya juga bisa dinikmati saat menyelam.

Di sekitar pulau terdapat pohon-pohon berbuah batu. Konon, ada kepercayaan bila ada turis yang datang ke Satonda dan menggantungkan batu ke pohon sambil mengharapkan sesuatu maka keinginannya akan terwujud.

Hutan yang tumbuh di pulau selain menyimpan banyak koleksi tanaman, juga menjadi rumah bagi kelelawar buah yang hidup di pohon tinggi.

Bagi pecinta alam, Satonda merupakan objek pandang yang indah, terutama dilihat dari atas bukit. Sedangkan jejeran gunung di pulau menjadi area yang siap dijelajahi para pendaki.(*/X-14)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.