Sekolah Alam Penuh Edukasi

sekolah alam‘Tak belajar bila tak kotor’. Tagline sebuah iklan produk sabun ini, bisa jadi mengingatkan para orangtua bahwa kadang aktivitas luar ruang yang kotor bukan berarti menjijikan.

Hal inilah yang juga ingin disampaikan sekolah-sekolah yang mengajarkan kecintaan pada alam melalui aktivitas tersebut. Bertajuk sekolah alam, tempat ini mengajarkan bagaimana siswa-siswanya bekerja dalam tim, melatih sportivitas, menanamkan kedisiplinan, belajar mandiri, dan tentu sembari mencintai alam.

Selain itu, terdapat pula workshop-workshop yang mengajarkan keahlian-keahlian khusus. Biasanya para siswa diajarkan cara membuat kerajinan dan kesenian seperti keramik, batik, bingkai, mainan tradisional ataupun mengolah makanan. Keahlian-keahlian ini juga diajarkan di luar ruang, di bawah pohon rindang atau halaman yang teduh. Disinilah para siswa belajar mengerti bahwa alam yang sejuk patut dijaga. Berikut di antaranya:

Sekolah Alam Ciganjur

Pelopor Sekolah Alam ini memiliki konsep pendidikan berbasis alam semesta yang bertujuan membantu para siswa tumbuh menjadi manusia yang berkarakter. Tidak hanya mampu memanfaatkan apa yang tersedia di alam, tapi juga mampu mencintai dan memelihara alam lingkungannya. Selain belajar di kelas, mereka belajar di mana saja dan pada siapa saja, juga tidak belajar hanya dari buku tapi dari apa saja yang ada di sekelilingnya.

Belajar di alam terbuka, menumbuhkan kesadaran pada anak bahwa “learning is fun” dan sekolah identik dengan kegembiraan. Di sekolah yang beralamat di Jalan Anda 7X, Ciganjur ini, sisi kreatif para siswa juga selalu digali. Selain itu, para siswa diajarkan untuk bekerja secara organisasi agar mampu bersosialisasi dimana lingkungannya berada.

Sekolah Alam Ar-Ridho Semarang

Salah satu sekolah formal (PG, TK, SD, SMP) yang terinspirasi oleh pemanfaatan alam, kehidupan, dan lingkungan sebagai media pembelajaran. Sekolah Ar-Ridho adalah sekolah alam pertama di Semarang. Metode yang digunakan adalah Integrated Learning (Pembelajaran terpadu) melalui jejaring tematik, dan berparadigma bahwa setiap anak memiliki keunikan/kecerdasan masing-masing.

Sekolah Alam Kandank Jurank Doank

“Hidup adalah proses. Proses adalah perubahan. Dan perubahan itulah yang menandakan kita hidup”. Kalimat yang menjadi filosofi Sekolah Alam Kandank Jurank Doank ini, mengajarkan sesungguhnya orang yang takut berproses dan mencari perubahan menandakan kemiskinan hati dan jiwa. Oleh karena itu, di tempat ini diajarkan bagaimana cara meraih mimpi dengan ilmu dan kemandirian melalui aktivitas luar ruang yang kreatif dan menyenangkan.

Kandank Jurank didirikan oleh Dik Doank pada 1997 di Komplek Alvita, Sawah Baru, Ciputat dengan jumlah siswa yang masih sedikit. Sekarang ini jumlah siswanya mencapai kurang lebih 1.500 anak. Fasilitasnya pun bertambah, Lapank Doank, Kampunk Doank, Perpustakaan Doank, Kandank Jurank Doank, juga ada panggung, mushola, studio, kolam ikan, arena bermain, Kelas A dan Kelas B, dan Kolesium.

Sekolah Alam Bandung

Sekolah bagi anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) dengan konsep menjadikan sekolah terindah bagi siswa-siswinya. Sekolah Alam Bandung mengajak orang tua siswa bersama pengelola sekolah (yayasan) dan syura guru mengamati dan membantu proses belajar di Sekolah Alam Bandung, karena sesungguhnya mendidik dan mengarahkan anak adalah kewajiban orang tuanya. Diharapkan dengan kerja sama orang tua, guru, dan pihak yayasan akan tercipta lingkungan belajar kondusif yang menyenangkan semua pihak, terutama para siswa.

Alamat Sekolah Alam:

Sekolah Alam Ciganjur
Jl. Anda 7X, Ciganjur
Jakarta, Indonesia
Telp.: (021) 78881659
Situs: www.sekolahalam.org

Sekolah Alam Kandank Jurank Doank
Komp. Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14
Ciputat 15413
Telp.: (021) 74631934 – 74631934
Email: kjd.ofce@gmail.com

Sekolah Alam Cikeas
Komplek Puri Cikeas
Jl. Letda Natsir, Nagrak, Gunung Putri, Bogor
Jawa Barat, Indonesia
Telp.: (021) 8231985 – 68290012
Email:info@sacikeas.com

Sekolah Alam Bogor
Jl. Pangeran Shogiri No. 150, Tanah Baru
Bogor 16154
Telp.: (0251) 8662889
Email: info@sekolahalambogor.org

Sekolah Alam Depok
Jl. Bungsan No. 80, Kel. Bedahan,
Kec. Sawangan, Kota Depok
Telp.: (021) 98271180 – (0251) 619 782

Sekolah Alam Tangerang
Jawa Ringan Mekar Bakti Panongan Tangerang
(Belakang Graha Gardenia Citra Raya)
Telp.: (021) 7028 2808 – 5940 8000
Email: info@sekolahalamtangerang.org

Sumber: Majalah Travel Club

One thought on “Sekolah Alam Penuh Edukasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.