Semuanya Terbayar saat Tiba di Puncak Gunung Dempo

GUNUNG Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatra Selatan. Tingginya sekitar 3195m di atas permukaan laut. Banyak pendaki menjadikan Gunung Dempo sebagai tempat favorit karena memiliki jalur menantang dengan lereng berliku. Tertarik?

Gunung Dempo terletak di perbatasan antara propinsi Sumatra Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatra, tepatnya di Kabupaten Pagar Alam yang kawasannya diselimuti perbukitan dan pegunungan. Dengan mengemudi kendaran dibutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk mencapai Pagar Alam dari Palembang dan berlanjut 15 km dari pusat kota Pagar Alam menuju Gunung Dempo.

Saat berada di Pagar Alam, Anda bisa menjumpai pasar tradisional yang menjual beragam barang lokal seperti teh, kopi, buah-buahan dan lainnya.

Selama perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan alam dan lembah yang dipadu dengan udara sejuk. Hamparan perkebunan teh yang luas seraya menjadi pertanda bahwa Anda sudah mendekati lokasi Gunung Dempo yang memiliki puncak tertinggi di pegunungan Bukit Barisan di sepanjang pulau Sumatera.

Pendakian yang melelahkan takkan menjadi hal sia-sia karena tawaran keindahan pemandangan alamnya sangat luar biasa. Dari atas puncak Anda bisa melihat kawah Gunung Dempo yang masih aktif dan sayang jika tak diabadikan dengan kamera.

Tak hanya keindahannya, di sepanjang lereng Gunung Dempo ternyata ditemukan serpihan-serpihan budaya prasejarah seperti ukiran batu dalam bentuk manusia, hewan dan lainnya.(*/X-14)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.