Home » Bali

Wisata Alam di Banjar Bayad

13 August 2009 Bali 3,805 views No CommentPrint This Post PRINTEmail This Post EMAIL
BALIPOST.CO.ID  - WISATA: Kawasan Banjar Bayad di Bali berhasil mengembangkan tanah tegalan yang tidak terawat, menjadi kawasan wisata alam atau eco resort.

BALIPOST.CO.ID - WISATA: Kawasan Banjar Bayad di Bali berhasil mengembangkan tanah tegalan yang tidak terawat, menjadi kawasan wisata alam atau eco resort.

UBUD— Pembangunan dan pengembangan fasilitas pariwisata di Banjar Bayad, Desa Kedisan, Kecamatan Tegalalang, Gianyar Bali, patut dijadikan contoh. Pasalnya, dusun yang sebelumnya kurang dikenal dalam kegiatan pariwisata di Bali itu, berhasil menyulap seluas 20 hektar kawasan tanah tegalan yang tidak terawat, menjadi kawasan wisata alam atau eco resort.

Pembangunan kawasan itu kata Kelian Dinas Banjar Bayad, I Ketut Sunarta SS, melibatkan sebanyak 34 KK di dusunnya, dengan luas lahan mencapai 20 hektar. Investor kata Sunarta, hanya bersifat memberikan stimulus, selebihnya masyarakat yang menjaga dan mengelola lokasi itu. “Kini masyarakat yang merasakan manfaatnya, selain lahannya menjadi terawat, mereka juga dapat profit,” katanya kepada wartawan di Ubud, Rabu (12/8).

Sunarta mengatakan, kawasan wisata lingkungan yang dikembangkan Banjar Bayad dilakukan dengan menata hutan di sekitar dusun menjadi lokasi tracking. Selain dengan tujuan rekreasi, kawasan itu juga bisa dijadikan sarana edukasi untuk memperkenalkan dan menjelaskan tentang berbagai tanaman asli Bali, seperti durian, manggis, srikaya.

Saat ini jelas Sunarta, anak-anak di kota kurang mengenal pohon dari buah-buahan yang mereka konsumsi, karena lahan untuk menanam pohon semakin berkurang. Kebetulan jelas Sunarta, di wilayahnya pohon-pohon asli Bali jumlahnya cukup banyak, yang akhirnya melahirkan ide untuk mengelola kawasan hutan di Bayad menjadi objek wisata.

Diakuinya ada sejumlah pemodal yang ikut mendanai pembangunan kawasan itu, namun modal yang mereka sertakan tidak ditujukan untuk memiliki, melainkan dengan sistim bagi hasil. “Tujuan masyarakat awalnya hanya satu, yakni ingin menjadikan Banjar Bayad lebih dikenal di dunia pariwisata dan kini kenyataannya kawasan itu mulai banyak dikunjungi wisatawa,” katanya.

Eco Resort Banjar Bayad yang letaknya di pinggir tebing sungai Tampaksiring, selain memiliki lintasan tracking juga dilengkapi dengan tujuh buah vila dari sembilan vila yang direncanakan. Vila-vila itu jelas Sunarta, dibangun oleh beberapa orang pemodal, dengan sistem bagi hasil selama 25 tahun. Melalui kerjasama itu, masyarakat mendapatkan bagian sekitar 30 persen keuntungan.

Sementara itu, mengenai pembangunan villa-villa itu, Konsultan Bayad Eco Resort , Peter Studer, menyebutkan tetap mengacu pada upaya pelestarian dan menjaga kesan kawasan itu sebagai kawasan hutan. Jadi sambungnya, villa-villa yang dibangun ditata agar tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan. “Maka dari itu kami membatasinya hanya membangun sembilan villa saja,” katanya. (aas/rin)

Be Sociable, Share!


Artikel Terkait:

  • Kampung Bali Giri Jati
    [ Saturday, 22 Aug 2009 - 21 : 22 | 0 comments | 4344 views ]
    Kampung Bali Giri Jati 1 Kampung Bali Giri Jati terletak di Kecamatan Sijuk sekitar 27 Km dari Tanjungpandan. Kampung Bali adalah pemukiman transmigrasi asal Bali yang telah tinggal menetap di Belitung dan masih mempertahankan budaya dan identitasnya sebagai orang Bali meskipun mereka juga telah membaur...
  • Kawasan Nusa Dua
    [ Friday, 27 Mar 2009 - 8 : 49 | 0 comments | 25482 views ]
    pantai-nusa-dua Indah sekali membayangkan suatu Masyarakat yang tinggal di sudut sebuah Pulau terindah di Dunia, nun jauh dari keramaian kota, masyarakatnya hidup dengan tenang disepanjang pantai berpasir putih dengan kilauan cahaya surya terpantul air laguna yang tenang. Pemandangan yang begitu indah hingga...
  • Teluk Humbold Jayapura Kaya Potensi Wisata
    [ Saturday, 8 Aug 2009 - 7 : 24 | 0 comments | 3775 views ]
    teluk humboldt JAYAPURA–MI: Wali Kota Jayapura, MR Kambu, Jumat (7/8) mengatakan, Teluk Humbold atau yang lebih dikenal masyarakat nusantara dengan nama teluk Yos Sudarso, kaya akan potensi wisata. “Potensi wisata di teluk itu, mulai dari dasar laut, pantai, tanaman mangrove, hutan lindung serta...
  • Bali Tujuan Wisata Spa Terbaik Dunia
    [ Friday, 20 Feb 2009 - 21 : 57 | 0 comments | 5081 views ]
    spa-bali JAKARTA — Indonesia terpilih menjadi tujuan wisata spa terbaik di dunia melalui penghargaan yang akan dianugerahkan International Wellness Awards kepada Indonesia dalam International Travel Bourse di Berlin, Jerman. “Mengapa Indonesia? Sebab Indonesia mampu memertahankan warisan budaya leluhur dikombinasikan dengan hasil riset...
  • Bali Classic Centre, Kawasan Hijau Berpanggung Tari
    [ Friday, 1 Dec 2006 - 21 : 57 | 0 comments | 8404 views ]
    Pergelaran tari, warisan seni budaya adiluhung, ditampilkan setiap hari di Bali Classic Centre, Banjar Nyuhkuning, Ubud, yang resmi dibuka untuk umum Minggu (23/7). [Pembaruan/Nyoman Mardika] Bali memang pantas disebut sebagai tempat tujuan wisata internasional. Kendati pulau ini hanya berluas 5.632,86 km2, bahkan hanya 0,29 persen dari luas Nusantara, namun memiliki keindahan alam serta budaya yang adiluhung. Wisatawan pun akhirnya menyebut Bali sebagai surganya dunia. Keindahan pulau...


Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (13)



Have your say!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>