Wisata Ramah Lingkungan di Wana Wisata Baturaden

ANDA pecinta alam? Sebuah tempat rekreasi yang cocok untuk Anda adalah Wana Wisata Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hamparan keindahan alam hutan dengan fasilitas arena perkemahan berdaya tampung 100 tenda tersaji di tempat ini. Letaknya berjarak 2km dari lokawisata Baturaden.

Luas Wana Wisata Baturaden mencapai 69,3 hektare dan memiliki tiga jalur jungle tracking dengan jarak tempuh beragam. Ada jalur Rasamala (2km), jalur Damar (3km), dan jalur Palawi (6km). Semuanya dirangkai dengan konsep back to nature.

Petugas Wana Wisata akan memandu kelompok pengunjung (minimal 15 orang) untuk berkeliling hutan. Pengunjung akan dibawa menyaksikan aneka flora dan fauna dengan menyusuri semak belukar dan sungai kecil sambil menikmati aroma pohon damar dan pinus.

Di tengah perjalanan saat melintasi hutan, pengunjung akan disuguhkan dengan makanan dan minuman ringan khas pedesaan. Pengunjung juga berkesempatan mendapat info tentang pengelolaan hutan damar secara lestari.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan lingkungan Wana Wisata lebih lama bisa memilih fasilitas perkemahan, yaitu Camping Grounds. Biaya sewa perkemahan sudah temasuk peralatan perkemahan.

Luas bumi perkemahan Baturaden mencapai 30 hektar dengan ketersediaan fasilitas pendukung seperti sarana air bersih, dan gedung pertemuan Kerti Wana dengan daya tampung 500 orang.

Bila ingin berloahraga tersedia lapangan tenis dan jalan-jalan setapak yang akan mengarahkan pengunjung saat melakukan olahraga lintas alam di tengah hutan damar yang tertata dengan rapi. Tersedia pula cagar alam dan pembibitan tanaman produksi seperti cemara, pinus dan lainnya. (baturraden.info/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.