Aneka Kampung di Kampoeng Maen

kampung maenRutinitas kadang membuat anak-anak jenuh dan bosan dalam melakukan yang itu-itu saja. Hal ini tentunya tidak boleh dibiarkan begitu, karena bisa menghambat perkembangan si anak.

Harus ada suatu pembaruan dalam hidup. Ketika semangat hilang dari diri kita sendiri, sebaiknya carilah sesuatu yang dapat mengembalikannya, bahkan kalau perlu melebihi energi yang semula. Dengan demikian, hati kembali riang dan senyum manis selalu menyertai.

Memang, pada situasi saat ini terasa sulit menemukan tempat agar seluruh keluarga bisa bermain bersama. Anak-anak pada zaman sekarang, dengan jadwalnya yang segudang, makin kekurangan jam main. Diperlukan suatu wahana untuk bisa mewadahi kedekatan keluarga.

Alam terbuka merupakan tempat yang alami dan baik untuk pertumbuhan jiwa. Dengan mengajak anak-anak kembali ke alam, dapat memperkenalkan betapa pentingnya arti dari lingkungan hidup. Selain itu, juga memacu anak agar mau dan peduli menjaga serta melestarikannya.

Kampoeng Maen adalah sebuah perpaduan dunia pendidikan dan hiburan bagi anak. Dikemas dalam bentuk permainan-permainan (games) yang interaktif. Dengan menggunakan metode-metode pembelajaran experiental learning yang menarik dalam suasana alam pedesaan.

Di Kampoeng Maen, anak-anak bebas bereksplorasi mengembangkan kreativi-tas dalam menghadapi setiap tantangan dari program-program, dan berbagai macam permainan. Selain itu, dapat pula merangsang kemandirian serta membantu aktualisasi potensi dan kemampuan yang dimilikinya.

Tempat ini terdapat di Family Park Alam Sutera Serpong, Tangerang. Kampoeng Maen merupakan sarana bermain anak-anak dari usia 3 sampai 12 tahun. Tempat tersebut dibuka setiap hari, dari pagi pukul 09.00-17.00 WIB.

Segala hal yang dilakukan bisa memotivasi untuk melakukan kegiatan yang penuh dengan nilai-nilai edukatif. Tentunya dalam suasana kegembiraan yang dapat mengikat keakraban seluruh anggota keluarga, tanpa ada rasa khawatir tentang kualitas dan pelayanan yang didapatkan. Keamanan dan kenyamanan pun sangat diutamakan.

Terdapat berbagai macam permainan di Kampoeng Maen. Permainan yang dapat dipilih di antaranya Kampoeng Petualang, yaitu permainan yang menguji adrenalin anak-anak dan orangtua melalui permainan tali tinggi. Misalnya saja flying fox (anak dan dewasa) dengan jarak ketinggian tiga dan lima meter. Selain itu, terdapat pula two line, elvis walk, low rope course, burma bridge, mini wall climbing, cargo net, dan jalan repot.

Untuk Kampoeng Tradisional, anak beserta keluarganya akan diperkenalkan membuat barang-barang dan permainan tradisional. Hal yang dilakukan membuat batik tulis, membuat batik kertas, membuat seni celup kain jumputan, menganyam piring lidi, klotokan mainan, dan kreasi janur.

Kampoeng Keluarga merupakan wadah bagi semua anggota keluarga untuk bermain bersama, sekaligus berkompetisi dengan keluarga lain. Melalui permainan-permainan, keluarga akan merasakan susahnya menjalin team work, berpikir, dan aktif bersama keluarga. Permainannya adalah susun menara, pukul kentongan, transfer bola, puzzle bata, sungai buaya, dan bakiak.

Pada Kampoeng Karya anak-anak diajak untuk melihat pekerjaan-pekerjaan yang dapat mereka lakukan saat dewasa nanti. Aktivitas yang bisa dilakukan, antara lain menjadi presenter, berkreasi dengan make up karakter, rancang bangun rumah, berkreasi dengan kantong plastik, layang-layang, sabun, aksesori, dan menghias caping.

Di Kampoeng Pengetahuan terdapat display pengetahuan fisika dan penjelasannya. Mereka akan mempelajari beban dan gaya, baterai tangan, tic tac toe, kincir angin. dan lainnya.

Ibu dan anak memindahkan bola dalam permainan transfer bola dari tiang bambu ke ember.

Sementara itu, di Kampoeng Rasa, merupakan tempat anak-anak belajar mengenal jenis-jenis makanan dan minuman. Anak-anak juga akan langsung belajar cara membuatnya dengan memblender, memasak di atas kompor mini, dan langsung menikmatinya. Tentunya dibantu oleh para petugas yang ada. Adapun makanan yang dibuat di sana, antara lain kue putu, serabi, kreasi cokelat, arum manis, mi, martabak, fancy cookies, dan milk shake.

Menurut Humas Caldera Indonesia (Kampoeng Maen) Ekasari Hardianti, untuk menikmati permainan, dijual sistem per paket, yaitu paket dua jam, empat jam, dan enam jam. Ada juga sistem per kampoeng. Untuk paket dua jam per orangnya adalah Rp 60.000 dan sudah mendapatkan snack dan paket enam jam mendapatkan makan siang.

“Paket per kampoeng dijual dengan Rp 75.000 per orang, namun untuk Kampoeng Petualangan harganya lebih murah, yaitu Rp 45.000 per orang. Semua itu bergantung permintaan dari konsumen. Bila ada rombongan anak-anak 50 orang ke atas dari suatu instansi ataupun sekolah, akan mendapatkan potongan harga khusus,” terang Eka kepada SP belum lama ini.

Semua kegiatan yang ada sangat berguna untuk melatih gerak motorik anak. Bagi yang menyukai aktivitas yang lebih santai atau kalem serta menantang, tinggal memilih permainan mana yang disukai.

Kampoeng Maen merupakan sebuah arena yang didesain agar keluarga bisa lebih saling mendekatkan diri dan mengenal lebih dalam. Sehingga, tercipta keakraban satu sama lain. Untuk itulah Caldera Adventure, pengelola permainan petualangan untuk keluarga, membuka Kampoeng Maen. Selain dengan keluarga, juga bisa mendekatkan diri dengan teman-teman sebayanya, minimal membuat anak berani tampil di depan berkat permainan alam tersebut.

Di Kampoeng Maen, orangtua tidak perlu merasa khawatir dengan segala macam permainan. Berbagai permainan, alat, dan bahan-bahan yang ada sudah dicoba dan berstandar keamanan internasional, sehingga aman untuk dilakukan siapa pun, termasuk anak-anak. Setiap fasilitator yang membawahi setiap permainan pun sudah dibekali pengetahuan tentang keamanan dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Bagi yang tertarik, bisa menghubungi kantor pusat Caldera Indonesia (Kampoeng Maen) di 3901575. [Hendro Situmorang/Suara Pembaruan]

1 Comment

  1. Selamat pagi pembelajaran di wanaha-wahana Kampoeng Kidz cukup mudah dinikmati anak-anak pastinya akan ada kakak pendamping dari Kampoeng Kidz yang akan membimbing adik-adik..wahana seperti pertambangan maupun perikanan sudah dapat dinikmati oleh adik-adik mulai usia 3 tahun untuk pendaftaran pembelajaran dapat langsung saja datang ke Kampoeng Kidz dengan keluarga tercinta Salam cinta, KAMPOENG KIDZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *