Belajar Membatik di Sanggar Kalpika

SIAPA tak suka batik, sebuah warisan nusantara yang digemari semua orang bahkan warga mancanegara sekalipun. Tertarik untuk belajar membatik? Sanggar Kalpika menjadi tempat yang tepat. Anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat batik khususnya batik lukis.

Kalpika berdiri sejak tahun 1972 dan merupakan pencetus sanggar seni batik lukis yang pertama kali didirikan di Tamansari. Saat ini lokasinya berada di Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Nama Kalpika sendiri merupakan gabungan dari kata-kata “aKAL Pemuda Insan KrAton”.

Kepengurusan Kalpika menggunakan sistem regenerasi dan saat ini sudah mengalami regenerasi sebanyak 10 kali. Di sanggar ini anda akan diajari dasar dan proses pembuatan batik dengan suasana yang penuh kekeluargaan.

Aktivitas utama Kalpika adalah pengajaran cara melukis batik untuk para wisatawan lokal dan mancanegara, anak sekolah, serta masyarakat yang tertarik mempelajari seni batik lukis. Sedangkan aktivitas lainnya adalah pembuatan layang-layang untuk lomba dan aktivitas bermusik.

Serentetan prestasi berhasil ditorehkan dari sanggar ini melalui kejuaraan yang diikutinya. Salah satu presentasi yang tak ternilai adalah Kalpika mampu menetaskan anak didik berbakat dengan karya-karya monumental yang terkenal hingga ke manca negara.

Bimbingan di Kalpika bisa dilakukan setiap hari, kecuali hari Minggu dan libur nasional. Jam belajar bisa dipilih oleh peserta bimbingan dengan jam belajar antara pukul 09.00-15.00. Biaya pelatihanmya beragam karena disesuaikan dari segi ukuran kain dan warna cat karya yang dibuat. (kratonjogja.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *