Gunung Cikuray

gunung-cikurayGunung Cikuray yang berlokasi di wilayah Garut Jawa Barat, dan merupakan Gunung Berapi yang sudah tidak aktif lagi, berada tak jauh dari Gunung Papandayan dan dapat terlihat jelas menjulang dari terminal Garut. Gunung Cikurai menyimpan pesona alam yang sangat luar biasa bersama dengan Gunung Papandayan, Gunung  Guntur dan Gunung Satria.

Untuk mendaki gunung ini kita terlebih dahulu harus mencapai sebuah desa yang dikenal dengan nama Cilawu. Dari terminal Guntur Garut kita dapat mencari angkot nomor 06 jurusan Garut-Cilawu dan turun sekitar Portal Perkebunan Teh DewuehManggun, selanjutnya kita dapat meneruskan perjalanan yang dapat kita tempuh baik dengan berjalan kaki atau dnegan menggunakan sarana ojek motor yang banyak tersedia, mengingat jarak antara portal tersebut dengan pintu hutan sekitar 7-10 Km, maka ada baiknya untuk menyimpan tenaga tak ada salahnya mengeluarkan tambahan ongkos. Pintu hutan yang dimaksud ditandai dengan sebuah pemancar televisi, yang sangat berguna bagi masyarakat garut menikmati hiburan layar kaca.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung Cikurai dari pintu hutan, kurang lebih 7 jam yang harus dilalui dengan persiapan fisik dan cadangan logistik yang cukup, karena selama pendakian sulit ditemukan sumber mata air, kecuali tentunya bila hujan.

Yang jelas, keadaan di puncak sangat fantastis, ufuk fatamorgana bagaikan menyembuhkan sendi-sendi tulang setiap pendaki, tapi anda harus hati-hati karena tiupan angin sangat kencang mengingat elevasi dari gunung ini.

One thought on “Gunung Cikuray”

  1. yo yang mau berpetualang di garut, ato hanya sekedar cari info tempat2 petualangan di garut, contact us 08112117929,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.