Jenuh Hidup di Perkotaan, Cobalah Datang ke Derawan

DerawanJalanan macet dan tugas kantor yang menumpuk, membuat Anda jenuh dengan kehidupan di kota. Satu tempat untuk menyegarkan pikiran adalah di Derawan, Kaltim. Taman bawah laut hingga ubur-ubur tak menyengat ada di sini, cantik banget!

Mungkin kita jenuh dengan hidup di perkotaan. Banyak pekerjaan kantor, lalu lintas yang macet, dan pikiran yang penat, membuat kita harus berlibur supaya pikiran kembali segar dan menjadi sehat. Nah, Derawan di Berau, Kalimantan Timur dijamin akan membuat diri Anda kembali lebih ceria.

Sekitar Mei 2012 lalu, saya traveling ke Derawan. Derawan adalah destinasi setelah Pulau Weh di Sabang. Saya ingin terus mencari pantai-pantai indah yang terbentang di sepanjang Nusantara.

Anda pernah mendengar Derawan? Ini adalah kepulauan yang ada di antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Derawan merupakan gugusan kepulauan kecil dengan beraneka ragam penghuni bawah laut. Saya pun bermodal nekat dan uang pas-pasan berdua bersama teman ke sana.

Dengan bujet Rp 2,5 juta, kami traveling selama 4 hari 3 malam di Derawan. Kami menggunakan jasa travel lokal setempat, dengan biaya Rp 900 ribu untuk akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Ini termasuk murah.

Derawan itu khas. Beragam homestay yang terletak menjorok ke pantai, membuat Anda tidur dengan nyaman sambil ditemani suara ombak. Belum lagi, banyak penuyu-penyu yang ada di pantainya. Ukurannya pun besar-besar. Derawan juga menjadi spot diving dan snorkeling yang ciamik, air lautnya sangat jernih!

Di Pulau Maratua, kami benar-benar menikmati air laut yang jernih. Anda bisa berjalan menyisiri pantai untuk juga bisa merasakan pasir pantainya yang halus dan putih. Kata penduduk setempat, jika beruntung Anda bisa melihat anak-anak hiu yang berenang di sekitar pulaunya. Terumbu karang yang ada di bawah lautnya, terlihat sangat cantik dengan ukuran yang beragam.

Beda lagi dengan di Pulau Kakaban. Pulau ini terkenal dengan ubur-ubur tanpa sengat yang ada di danau tengah-tengah pulaunya. Anda bisa berenang bersama mereka dan melihat bentuknya yang mungil dari dekat. Untuk urusan bawah laut, keindahannya jangan diragukan.

Kami juga melangkahkan kaki ke Pulau Sangalaki. Hamparan pasir putih menyambut kedatangan wisatawan yang datang ke sini. Satu hal yang terkenal di Pulau Sangalaki adalah adanya ikan manta yang sangat besar. Ukurannya bisa lebih besar dari badan manusia. meski demikian, tak sedikit penyelam yang berenang-renang bersama ikan manta tersebut.

Derawan adalah satu dari sekian banyak pantai yang indah di Nusantara. Saat Anda jenuh dengan perkotaan, siapkan ransel dan melanconglah ke Derawan. Rasanya, benar-benar tak mau pulang setelah Anda berkeliling kepulauan ini.

Sumber: detikcom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *