Menengok Kehidupan Suku Sasak di Desa Sade

MENGUNJUNGI Suku Sasak bisa menjadi pengalaman unik untuk menyaksikan bagaimana mereka melakukan aktivitas kesehariannya. Tak ada salahnya Anda mengunjungi Desa Sade di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, yang menjadi salah satu wisata yang menyajikan kekhasan budaya Suku Sasak.

Meski kerap mendapat kunjungan wisatawan, desa ini tidak menyediakan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap. Hal tersebut dikarenakan warga setempat hanya ingin menampilkan atraksi dan sekedar dikunjungi saja.

Penyebab lainnya dikarenakan warga desa ingin tetap menjaga tradisi nenek moyang Suku Sasak yang dipertahankan hingga saat ini. Bahkan, meski ada warga desa yang pernah keluar dan kembali lagi ke desa, mereka tetap mampu menjalankan adat istiadatnya.

Selain itu dikhawatirkan pula wisatawan akan mengalami kesulitaan beradaptasi saat tinggal karena adanya adat istiadat yang wajib dipatuhi oleh warga yang tinggal di desa. Namun pengembangan desa wisata ini akan terus dilanjutkan.

Tak hanya menjadikan warga desa sebagai objek, tetapi juga sebagai subjek yang mampu memberikan manfaat bagi daerahnya dan mampu menarik minat wisatawan. Rumah Suku Sasak yang khas dan usaha tenun yang ada diharapkan bisa menjadi nilai tambah. (lombokgilis.com/*/X-13)

One thought on “Menengok Kehidupan Suku Sasak di Desa Sade”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.