Mengenal Primata Kecil di Tangkoko

PERNAH dengar nama tangkasi ? Tangkasi atau tarsius (Tarsius spectrum) adalah primata kecil dari genus Tarsius yang masih bisa ditemukan di daratan Asia Tenggara. Salah satu tempat ada di Taman Nasional Tangkoko, Sulawesi Utara.

Tangkasi memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan berat sekitar 80 gram. Hewan ini dapat melompat sejauh 3 meter atau hampir 10 kaki dari satu pohon ke pohon lainnya lalu menghilang dengan cepat.

Karena sfatnya pemalu dan bermata besar inilah, membuat peneliti dan wisatawan penasaran. Tarsius memiliki ekor panjang tidak berbulu, kecuali tubuhnya yang berwarna coklat muda.

Uniknya, hewan langka dan unik ini tidak pernah berjalan di atas tanah dan sulit dikembangbiakan. Jika di dalam kurungan, Tarsius merasa stress dan berusaha melukai dirinya hingga mati

Taman Nasional Tangkoko terletak di utara pelabuhan Bitung di kaki gunung Dua Saudara. Tangkoko juga merupakan rumah bagi kera hitam, burung maleo dan burung enggang. Selain itu, juga ada pemandangan indah bukit dan lembah.

Di sekitar taman nasional juga tersedia cottage dan restoran kecil. Tidak sulit ya berlibur ke Tangkoko. Selain memiliki banyak fasilitas, jalan yang menuju ke tempat ini pun sudah diaspal. (*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *