Museum Sasana Wiratama

Museum Sasana WiratamaMuseum ini sering disebut sebagai munumen Diponegoro karena merupakan bekas rumah kediaman Pangeran Diponegoro seorang bangsawan Kraton Yogyakarta yang terkenal sebagai patriot dalam melawan penjajah Belanda antara tahun 1825-1830. Kini di dalam bangunan-bangunan ini yang telah dipugar, tersimpan berbagai peninggalan yang berupa peralatan perang dan peralatan lain yang pernah dipergunakan beliau dan para pengikutnya yang setia. Museum ini terletak di daerah Tegalrejo, lebih kurang 4 Km dari pusat kota Yogyakarta. Museum Sasana Wiratama terbuka untuk kunjungan masyarakat umum, setiap hari kerja antara senin sampai sabtu pukul 08.00 – 13.00.

Sejarah Ringkas
Pembangunan Museum Pangeran Diponegoro ini diprakarsai oleh Mayjen TNI Surono, lalu diteruskan oleh Mayjen TNI Widodo (alm). Pembangunan museum ini menempati rumah kediaman Pangeran Diponegoro di Tegalrejo, Yogyakarta, dan pada tanggal 9 Agustus 1969 bangunan tahap I telah selesai dibangunan induk dan diresmikan oleh Jendral TNI (Purnawirawan) Soeharto.

Bangunan
Museum ini menempati areal tanah seluas 2 hektar, di kampung Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, bangunan inti monumen berarsitektur tradisional Jawa berbentuk Joglo, terdiri pendapa dan pringgitan. Bangunan tersebut derakhir dipugar tahun 1987.

Koleksi
Koleksi dari museum Pangeran Diponegoro ini berjumlah 100 buah yang terdiri dari berbagai jenis senjata tradisional seperti, tombak, keris, pedang, panah dan bandil.

Koleksi unggulan dari museum ini berupa tembok berlubang (jebol) yang menurut sejarah merupakan tempat meloloskan diri Pangeran Diponegoro dari kepungan kompeni. Juga ada benda-benda yang diperlakukan khusus yaitu peninggalan Sri Hamengku Buwono II yang berasal dari tahun 1752, benda-benda tersebut berupa ketipung (kendang kecil) dan wilahan bonang penembung yang terbuat dari kayu dan perunggu berwarna merah dan kuning.

Fasilitas Pendukung
Fasilitas pendukung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum berupa ruang pertemuan dimanfaatkan sebagai gedung serbaguna dan penginapan.

Alamat : Jalan H.O.S. Cokroaminoto TR III/430 Tegalrejo, Yogyakarta Telepon : (0274) 622668

Sumber: Pemda DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *