Pesona Curug Cilember, Air Terjun di Tengah Hutan Lindung

cilember_3Cisarua – Salah satu obyek wisata di kawasan puncak yang menjadi andalan Kabupaten Bogor ialah Wana Wisata Curug Cilember. Di Wana Wisata yang terletah di tengah hutan lindung yang dikelola oleh Perhutani ini anda dapat merasakan kesejukan alam serta dinginnya air terjun alami yang berasal dari Bukit Hambalang.
“Air terjun Curug Cilember berasal dari Bukit Hambalang dengan ketinggian sekitar 2000 meter dari permukaan laut, di Wana Wisata ini terdapat tujuh curug yang ketinggiannya mulai dari 1700 meter dari permukaan laut hingga 800 meter dari permukaan laut,” ujar Hendri Apialawan, Manager Marketing Wana Wisata Curug Cilember kepada Jurnal Bogor kemarin.
Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 6.000, anda akan merasakan pengalaman menelusuri jalan setapak berbatu yang dikelilingi hutan pinus saat menuju curug 7 yang merupakan curug terakhir dari rangkaian curug yang ada di Wana Wisata Curug Cilember. Bukan hanya itu itu, selama berjalan dari pintu masuk, sudah terdengar gemericik air yang menenangkan pikiran.
Hendri mengatakan, dari ketujuh curug yang berada di Wana Wisata ini, ada tiga curug yang mempunyai pemandangan indah. “dari curug 1 hingga curug 7, pemandangan yang indah berada di curug 2 dengan ketinggian air terjun 27 meter, curug 3 dengan ketinggian 25 meter dan curug 7 yang paling tinggi air terjunnya, yaitu 30 meter,” paparnya.
Selain pesona air terjun, Wana Wisata Curug Cilember juga menawarkan wisata Taman Kupu-Kupu. Dengan harga tiket masuk Rp 4.000, anda dapat melihat koleksi 12 spesies kupu-kupu dari seluruh Indonseia, diantaranya adalah Troides Helena dan Papilio Meiunon.
Untuk Anda yang gemar berkemah dan berpetualang, Wana Wisata ini juga menyediakan area camping ground dan outbond. Bagi yang membawa tenda dan perlengkapan sendiri, cukup menambah Rp 4.500 dari harga tiket masuk, sedangkan bagi yang akan menyewa tenda, Wana Wisata ini juga menyediakan peminjaman tenda import dari Irlandia dengan harga Rp 300.000 untuk tenda yang berkapasitas 8-10 orang dengan fasilitas sleeping bag, matras dan lampu badai.
“Kami memiliki aula lesehan yang dapat menampung sekitar 40 orang, kami juga mempunyai lima buah vila yang total dapat menampung 36 orang. Selain itu kami menerima pesanan tempat untuk foto pre-wedding, kumpul keluarga, serta acara lainnya dengan harga terjangkau,” pungkas Hendri. [Jurnal bogor]

3 thoughts on “Pesona Curug Cilember, Air Terjun di Tengah Hutan Lindung”

  1. tengkyu infonya…pernah sy lewat tapi ga ada tanda atau plang nama yg menonjol sehingga ga begitu jelas…perlu plang nama yg lbh jelas.Terimksh

    Ir.yan-architect
    081283842828

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.