Pulau Pef, Seperti Raja Ampat dalam Satu Tempat

NAMA Raja Ampat pasti sudah tak asing lagi didengar. Namun bagaimana dengan Pulau Pef? Tahukah Anda bahwa pulau yang merupakan bagian dari Raja Ampat ini ternyata menyimpan potensi alam luar biasa. Keanekaragaman biota lautnya menjadikan perairan pulau sebagai kawasan penyelaman favorit dunia. Terletak di Papua Barat, sekitar 109 dari Sorong.

Kawasan Pulau Pef terdiri dari jejeran pegunungan yang diselimuti dengan rerimbunan hutan, teluk-teluk indah, pantai berpasir putih, pohon-pohon kelapa sawit, hutan bakau berair biru yang alami, danau-danau tersembunyi, laguna, area bebatuan kapur, serta fauna dan flora mengagumkan.

Pulau Pef menawarkan sederetan kegiatan yang mendekatkan Anda dengan alam, seperti kayaking, menyelam, berenang, menjelajah, menyaksikan burung-burung langsung di habitatnya, dan tak ketinggalan photography.

Satu mahluk laut yang paling menarik dari perairan pulau adalah pygmy, kuda laut yang berukuran seperti butiran nasi. Meski mungil, Pulau Pef layaknya seluruh kawasan Raja Ampat dalam satu tempat.

Sebuah penginapan bernama Raja4Divers menjadi tempat persinggahan sempurna untuk Anda. Disepanjang pantai yang dihiasi pohon kelapa sawit, terdapat bungalow atas air yang sangat privat dan dilengkapi kamar mandi pribadi di taman terbuka, dek dengan pemandangan mengarah ke luar, dan akses wi-fi.

Dari segala aspek, pihak penginapan bekerja sama dengan warga desa sekitar. Satu keuntungan yang didapat adalah peningkatan ekonomi setempat, di antaranya pembelian ikan segar, penggunaan bahan lokal untuk kebutuhan resort, dan mempekerjakan warga Papua dari desa sekitar. (divediscovery.com/*/X-13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.