Tiga Lokasi Wisata Air di Tegal

JIKA kata ‘Tegal’ disebutkan, yang terlintas di benak kebanyakan warga Tanah Air pasti adalah warung makan sederhana yang menyajikan berbagai masakan rumah.

Tahukah Anda? Ternyata tak hanya identik dengan masakan ataupun bahasanya yang lucu, Kabupaten Tegal juga memiliki tempat-tempat wisata alam yang asyik untuk dikunjungi selama liburan, terutama wisata airnya. Dari beberapa wisata air yang ada di Tegal, ada tiga wisata air di Tegal yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Objek Wisata Guci
Objek wisata ini berlatar belakang panorama pegunungan, air terjun, dan sumber air panas. Karena berada di kaki Gunung Slamet, daerah ini pun menjadi subur dan berudara dingin. Pemandian Air Panas Guci, terletak di Kecamatan Bumijawa, di lereng Gunung Slamet, sekitar 30 km dari Kota Slawi. Di Guci, ada 10 air terjun, di antaranya Pemandian Pancuran 13 yang memang memiliki pancuran berjumlah 13 buah.

Adapun penduduk setempat sering berendam dan mandi di Pancuran 7 karena dipercaya air di pancuran itu ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit. Bila Anda naik lagi, ada air terjun Jedor (diambil dari nama Lurah pada zaman dahulu). Di Guci juga disewakan kuda untuk menikmati pemandangan sekitar dengan harga terjangkau. Objek Wisata Guci sangat ramai terutama pada malam Jumat Kliwon.

Waduk Cacaban
Wisata air selanjutnya adalah Waduk Cacaban yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng. Waduk ini menjadi menarik untuk dikunjungi karena berlatar belakang pemandangan hutan dengan panorama yang indah. Karena itu, selain berfungsi mengairi sawah-sawah di sekitarnya, waduk ini juga menjadi salah satu objek wisata andalan di Tegal.

Di tempat ini, Anda dapat bersantai dengan memancing ikan, berkeliling waduk dengan berjalan kaki atau dengan kapal motor. Bila lapar, tersedia banyak rumah makan yang menawarkan menu dengan masakan andalan aneka ikan air tawar.

Gunung Tanjung
Selanjutnya adalah Gunung Tanjung yang berlokasi di Desa Lebaksiu sekitar 7 km dari pusat pemerintahan. Gunung Tanjung merupakan wilayah pegunungan di mana Syech Maulana Maghribi dimakamkan. Tempat ini memiliki daya tarik alam pegunungan yang sejuk, kolam renang dengan air yang hangat dan dingin serta memiliki sumber air panas yang berkhasiat. Akomodasi pada objek wisata ini pun cukup mudah didapat dan terdapat banyak hotel dan vila untuk Anda beristirahat ataupun menginap.

Sebenarnya masih banyak objek wisata air yang potensial di Tegal. Sayangnya, karena kurangnya promosi, akses yang masih terbilang sulit, sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta kurangnya pemeliharaan, tempat-tempat itu pun belum dapat terekspos secara maksimal.(Pri/OL-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.